Sekolah MIN 1 Malang Diliburkan: 212 Siswa dan 15 Guru Pembawa Difteri

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 23 Okt 2019 16:17 WIB
Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Malang (Foto file: Muhammad Aminudin)

Dia bercerita, awal dari semuanya terjadi ketika salah satu pelajar menjalani perawatan intensif, yang gejalanya diduga terserang bakteri difteri.

Kemudian, pihaknya melakukan SWAB terhadap seluruh pelajar, guna mengetahui secara medis apakah sudah terjadi penularan.

"Ketika di SWAB, ditemukan 212 siswa positif carrier difteri dan 15 guru serta karyawan. Kemudian wali siswa meminta agar dilakukan penanganan secepat mungkin. Kami pun mengambil keputusan untuk diliburkan sambil memberikan penanganan kepada yang carrier," beber Suyanto.


Pihaknya menjamin, bahwa MIN 1 belum tervonis adanya penyakit difteri. SWAB akan dilakukan secara berkelanjutan, untuk memastikan tidak adanya serangan penyakit tersebut.

"Kita pastikan lagi, jadi hanya carrier. Tidak ada positif difteri. Apa yang kami lakukan adalah bentuk pencegahan agar tidak menular," pungkasnya.

Sekadar diketahui, difteri merupakan penyakit menular disebabkan bakteri Corynebacterium Diphthetiae. Penyebarannya melalui cairan yang keluar melalui hidung dan mulut.
(fat/fat)