detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 20:13 WIB

Kondisi Berangsur Aman, Ratusan Pengungsi Angin Kencang di Batu Dipulangkan

Muhammad Aminudin - detikNews
Kondisi Berangsur Aman, Ratusan Pengungsi Angin Kencang di Batu Dipulangkan Pengungsi korban angin kencang di Batu (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu - Ratusan pengungsi angin kencang di Kota dipulangkan dari posko pengungsian sore ini. Pemulangan berdasarkan permintaan pengungsi dan situasi telah kondusif.

Kepala BPBD Kota Batu Sasmito menegaskan, keputusan pemulangan pengungsi berdasarkan keinginan warga.

"Ini murni warga yang menginginkan pulang, dan juga karena situasi telah kondusif, angin sudah berhembus normal dan aman untuk warga kembali pulang," tegas Sasmito kepada detikcom, Selasa (22/10/2019), petang.


Dikatakan bahwa, sebelumnya sudah dilakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait di Posko BPBD Kota Batu. Dalam rapat tersebut, kemudian disepakati untuk memulangkan pengungsi ke tempat tinggal masing-masing.

"Sebelumnya, telah dilaksanakan rapat koordinasi di Posko BPBD yang dihadiri SKPD atau instansi terkait. Hasil koordinasi disepakati untuk melaksanakan pemulangan pengungsi sore hari ini," ujarnya.

Secara bertahap, kata Sasmito, warga dipulangkan menggunakan armada dari tim gabungan, dari titik lokasi pengungsian.

"Persiapan sudah dilakukan dan warga diantar pulang dengan kendaraan dari tim gabungan ke tempat tinggal mereka," terang Sasmito.

Sejak pagi tadi, BPBD bersama Polri, TNI, relawan bergerak menuju Desa Sumberbrantas untuk mengidentifikasi dampak kerusakan angin kencang yang melanda wilayah desa di lereng selatan Gunung Welirang-Arjuno itu.


Dijelaskan bahwa kondisi jalan raya juga telah bersih dari pohon tumbang, begitu juga dengan kebutuhan air bersih sudah teraliri dengan baik.

"Untuk jaringan listrik sudah pulih sekitar 90 persen, begitu pula dengan jaringan seluler dan telekomunikasi sudah kembali pulih. Secara umum kondisi di Desa Sumberbrantas sudah mulai kondusif. Tim kami sedang melakukan pendataan jumlah kerugian material dari dampak bencana angin kencang," beber Sasmito.

Berdasarkan rekap terakhir jumlah pengungsi oleh BPBD Kota Batu ada sebanyak 668 orang.

Mereka tersebar di posko pengungsi 668 orang yang menyebar di :

1. Rumah Dinas Walikota : 143 orang
2. Balai Desa Tulungrejo : 183 orang
3. Balai Desa Sidomulyo : 138 orang
4. Balai Desa Punten : 181 orang
5. Balai Desa Sumbergondo : 23 orang


Simak juga video "Diterjang Angin Berdebu, Bangunan Warga di Desa Sumberbrantas Rusak!" :

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com