Balon Gas Meledak dan Lukai 8 Orang Direbutkan karena Disangka Isi Uang

Balon Gas Meledak dan Lukai 8 Orang Direbutkan karena Disangka Isi Uang

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 18:55 WIB
Balon yang diperebutkan warga dan meledak (Foto: Andhika Dwi Saputra/File)
Balon yang diperebutkan warga dan meledak (Foto: Andhika Dwi Saputra/File)
Kediri - Delapan orang terluka saat balon gas yang mereka perebutkan meledak. Apa yang membuat warga ini berebut balon?

"Jadi warga ini berebut balon udara yang menyangkut di pohon itu karena menyangka di dalam balon berisi uang. Makanya mereka berusaha mengambil dan membuka balon menggunakan puntung rokok," ujar Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Ambuka Yudha Hardi Putra, Selasa (22/10/2019).

Ambuka mengatakan warga Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kediri, sebenarnya sedang melakukan kerja bakti membangun fondasi musala siang itu. Saat melihat puluhan balon yang mulai turun dan tersangkut di pohon, warga segera mendekati pohon tempat balon itu tersangkut.


Warga menarik plakat balon yang terjuntai agar balon bisa turun. Saat balon telah turun, warga berebut. Entah siapa yang berucap, ada kabar bahwa ada uang di dalam balon. Mendengar kabar itu, warga pun berebut. Padahal di dalam balon gas tidak berisi apa-apa.

Kebetulan ada warga yang merokok. rokok itulah yang kemudian disulutkan ke salah satu balon. Dan efeknya berantai. Gas yang ada di dalam balon meledak dan melukai warga di dekat balon.


Delapan warga mengalami luka bakar. Lima warga mengalami luka bakar rata-rata 15 persen pada tubuhnya. Mereka dibawa di RSUD Pelem Pare dan RS HVA Pare guna mendapat perawatan intensif. Sementara itu, tiga warga lainnya yang luka bakar ringan pulang ke rumah masing-masing.

"Saat ini korban sedang dirawat intensif oleh pihak medis, karena lukanya cukup serius. Semoga segera membaik," tandas Ambuka. (iwd/iwd)