detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 18:41 WIB

Warga Banyuwangi Apresiasi Kondusifnya Pelantikan Presiden dan Wapres

Ardian Fanani - detikNews
Warga Banyuwangi Apresiasi Kondusifnya Pelantikan Presiden dan Wapres Foto: Istimewa
Banyuwangi - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin berlangsung lancar dan aman. Terjaganya kondusifitas pelaksana kegiatan itu juga dirasakan di daerah paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI membawa angin segar pembangunan bangsa Indonesia. Setelah kontestasi yang politik yang semakin memanas pada pilpres kemarin.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar. Mari kita bersama dengan Presiden dan Wakil Presiden baru bekerja membangun negeri," ujarnya kepada wartawan, Senin (21/10/2019).


Kondusifnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI ini, kata Anas, berkat kerjasama antara masyarakat dengan pihak keamanan dari Polri dan TNI. Tak hanya itu, masyarakat saat ini sudah lebih dewasa dalam menyikapi perbedaan.

"Jika boleh saya mengutip statemen bapak Presiden Jokowi, tidak ada lagi cebong kampret saat Pilpres kemarin, yang ada persatuan Indonesia," tambahnya.

Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) cabang Banyuwangi, KH Muhammad Yamin mengapresiasi pengamanan yang dilakukan oleh aparat kepolisian dan TNI, yang bersatu padu melancarkan kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI kemarin.


"Langkah sigap pengamanan yang dilakukan oleh polisi dan TNI membuat kondusif pelantikan. Kami mewakili umat mengucapkan terima kasih Banyuwangi aman dan kondusif," ujarnya.

Dirinya meminta, perbedaan dalam pilihan tidak menjadi alasan untuk memecah belah masyarakat. Dibutuhkan persatuan dan kesatuan yang erat untuk membangun bangsa dan negara ini.

"Mari kita lupakan perbedaan. Mari saatnya bekerja untuk kemajuan bangsa," pungkasnya.


Simak juga video "Pelantikan Usai, Jokowi: Sekarang Mulai Kerja!" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com