detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 18:31 WIB

Datangi Pengungsi Angin Kencang, Gubernur Khofifah Minta Psikologi Support

Muhammad Aminudin - detikNews
Datangi Pengungsi Angin Kencang, Gubernur Khofifah Minta Psikologi Support Khofifah saat mengunjungi pengungsi di Batu (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat Jatim memberikan psikologi support dalam penanganan bencana angin kencang di Kota Batu. Karena warga yang mengungsi, rela meninggalkan rumahnya karena dilanda bencana.

"Psikologi support sangat penting dalam musibah ini. Kami harapkan warga Jatim memberikan itu. Karena warga yang mengungsi, meninggalkan rumahnya karena berdebu, atap genting pecah. Maka psikologi support akan menjadi penting," tegas Khofifah kepada wartawan usai menemui pengungsi di Balai Desa Punten, Kota Batu, Senin (21/10/2019).

Hasil koordinasi dengan Pemkot Batu, kata Khofifah, bahwa ada tiga hal penting dalam penanganan bencana angin kencang ini. Yakni, tiga infrastruktur dasar bagi masyarakat.


"Satu pendidikan, dua kesehatan, tiga layanan ibadah. Tempat ibadah menurut Bu Wali Kota dalam kondisi baik, layanan kesehatan juga demikian. Ketiga layanan pendidikan," ujar Khofifah.

Ditambahkan, Pemprov Jatim bersama Pemkot Batu tengah mengidentifikasi rumah-rumah yang terdampak angin kencang.

"Kami bersama Pemkot Batu sedang mengidentifikasi rumah yang rusak. Bantuan sudah diberikan, berupa pakaian, matras dan berbagai kebutuhan para warga yang mengungsi," bebernya.


Ditanya sampai kapan warga akan mengungsi?. Khofifah ingin menanyakan hal itu langsung kepada Pemkot Batu.

"Kalau sampai kapan, bisa ditanyakan ke Pemkot Batu, karena yang menangani langsung. Kalau menurut undang-undang ya 14 hari," tandasnya.

Sebelumnya, Khofifah mendatangi kediaman Shodiq warga Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang meninggal karena tertimpa pohon saat angin kencang terjadi.


Simak juga video "Angin Kencang Melanda Batu, Satu Orang Tewas" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com