detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 17:07 WIB

Atap SMPN 2 Ambruk, Dinas Pendidikan Ponorogo Janjikan Perbaikan 2020

Charolin Pebrianti - detikNews
Atap SMPN 2 Ambruk, Dinas Pendidikan Ponorogo Janjikan Perbaikan 2020 Atap SMPN 2 di Ponorogo ambruk/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo menjanjikan perbaikan tahun 2020 mendatang, pascaatap SMPN 2 Jambon ambruk.

Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Endang Retno Wulandari mengatakan SMPN 2 Jambon sudah masuk dalam usulan tahun 2020.

"Kemarin sebelum ambruk sudah sempat kita cek. Tapi belum sampai perbaikan, sudah ambruk," tutur Retno saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Basuki Rahmat, Senin (21/10/2019).

Retno menambahkan beruntung kondisi ruangan yang ambruk tersebut sudah tidak aktif digunakan. Sebab, pihak sekolah khawatir jika sewaktu-waktu atap ambruk bisa menimpa anak didik maupun guru.

"Itu ruangan kesenian, isinya ya gamelan," terang dia.


Menurutnya, usulan di tahun 2020 bisa datang dari 2 sumber, baik Dana Alokasi Khusus (DAK) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pun juga kejadian ini harus valid dari sisi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

"Kalau tidak valid, DAK tidak akan disetujui usulannya," jelasnya.

Disinggung soal besaran dana untuk perbaikan atap sekolah yang ambrol, Retno mengaku tantangan dari Sarana Prasarana (Sarpras) harus koordinasi dalam pelaporan.

Ada cara berhitung tingkat kerusakan, Dindik akan mengumpulkan dan ambil narasumber dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) agar secara makro berhitung satu tingkat kerusakan, termasuk menghitung anggarannya.

"Karena dari kita sudah ada, namanya hak Harga Satuan Bangunan Gedung Negara (HSBGN) dihitung oleh Dinas PKP, iti nanti yang akan digunakan untuk pengarahan hitungan," paparnya.


Retno menjelaskan dirinya tidak hanya fokus mengusulkan SMPN 2 Jambon, namun ada beberapa sekolah lain di Bumi Reog yang bernasib serupa.

"Harapannya karena sistem zonasi, mutu sekolah menjadi hal wajib bagi pemerintah untuk menjamin mutu lembaga sekolah termasuk juga mutu pendidikan didalamnya ada sarana prasarana salah satunya," pungkasnya.


Simak juga video "Tak Direnovasi Sejak 26 Tahun Lalu, Atap SMPN 2 Jambon Ambruk" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com