detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 14:46 WIB

Sesosok Bayi Baru Dilahirkan Dibuang di Depan Rumah Bidan Desa

Erliana Riady - detikNews
Sesosok Bayi Baru Dilahirkan Dibuang di Depan Rumah Bidan Desa Bayi perempuan dibuang di depan rumah bidan desa (Foto: Istimewa)
Blitar - Sesosok bayi perempuan dibuang dan digeletakkan di teras rumah bidan desa Kabupaten Blitar. Bayi itu diduga baru dilahirkan sekitar 2 jam sebelum ditemukan.

Bayi itu awalnya diketahui oleh Rosi, seorang mahasiswi Poltekes Malang yang sedang KKN di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Dari keterangannya kepada polisi, Rosi mengaku baru pulang dari posyandu sekitar pukul 12.00 WIB. Saat melewati rumah dinas Bidan Anis, Rosi melihat ada kardus bekas tergeletak di teras rumah. Begitu didekati, Rosi sangat terkejut karena ada seorang bayi di dalamnya.

Bayi itu dibungkus selembar selendang batik dan selembar kain pembungkus bayi. Begitu menemukan itu, Rosi memberitahu Bidan Anis dan mereka pun melaporkan ke polisi.

"Kami ke lokasi dan bayi kami evakuasi ke Puskesmas Pembantu di Desa Sidorejo. Kondisinya sehat dan baru dipotong tali pusarnya oleh petugas medis," kata Kapolsek Ponggok, Iptu Sony Suhartanto dikonfirmasi detikcom, Senin (21/10/2019).


Bayi tersebut, lanjut dia, berjenis kelamin perempuan. Dengan berat badan 4,1 kg dan panjang 51 cm. Jika dilihat dari kondisinya saat ditemukan, diperkirakan sang bayi baru saja dilahirkan.

"Hasil pemeriksaan tim medis, bayi dilahirkan sekitar dua jam sebelum ditemukan. Kalau kami terima laporan sekitar jam 12.00 WIB, diduga sekitar jam 10.00 WIB dilahirkan," ungkapnya.

Saat ini bayi masih dalam perawatan puskesmas desa setempat. Sementara polisi masih meminta keterangan beberapa saksi mata terkait kasus penemuan bayi ini.

"Masih kami dalami untuk mengetahui siapa ibu kandung yang tega menelantarkan anaknya ini. Dan apa modusnya. Sabar dulu ya," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com