Sambut HSN, Polisi Kota Probolinggo Bertugas Pakai Atribut ala Santri

Sambut HSN, Polisi Kota Probolinggo Bertugas Pakai Atribut ala Santri

M Rofiq - detikNews
Senin, 21 Okt 2019 13:57 WIB
Seorang polisi yang bertugas mengenakan atribut santri/Foto: M Rofiq
Seorang polisi yang bertugas mengenakan atribut santri/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada 22 Oktober setiap tahunnya. Menjelang HSN, anggota Polres Probolinggo Kota bertugas mengenakan pakaian layaknya seorang santri.

Dalam apel pagi tadi, sejumlah aparat kepolisian tampak mengenakan pakaian santri. Mereka memakai kopiah dan serban putih serta sarung.


Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya menyampaikan, polisi akan berpakaian ala santri hingga Selasa (22/10). Tepat di hari perayaan HSN.

Atribut santri itu, lanjutnya, dikenakan aparat kepolisian setiap menjalankan tugas. Baik di kantor, maupun saat bertugas mengatur lalu lintas di jalan.

"Pagi ataupun siang wajib mengenakan pakaian ala santri selama dua hari. Senin dan Selasa," ujar Ambariyadi saat dikonfirmasi detikcom, Senin (21/10/2019).

Ia menambahkan, dengan mengenakan pakaian ala santri, pihaknya berharap bisa mendapat syafaat dan barokah dari para ulama pesantren. Sehingga aktivitas kerja aparat kepolisian berjalan baik dan penuh berkah.


Ambariyadi mengakui, sejak dirinya dan anggota kepolisian mengenakan atribut santri dalam bertugas, ada nuansa unik yang lahir. Yaitu kedekatan polisi dengan masyarakat semakin merekat.

"Semoga kedekatan polisi dengan masyarakat selalu terjalin," pungkasnya. (sun/bdh)