detikNews
2019/10/21 12:04:42 WIB

Kerangka Penyangga Genting Lapuk, Atap Sekolah di Ponorogo Ambruk

Charolin Pebrianti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kerangka Penyangga Genting Lapuk, Atap Sekolah di Ponorogo Ambruk Atap SMPN 2 Jambon Ponorogo Roboh/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Atap SMPN 2 Jambon Ponorogo, ambruk. Penyebabnya, kerangka penyangga genting sudah lapuk dimakan usia. Sebab, sudah 26 tahun belum tersentuh perbaikan.

"Penyebab utamanya karena lapuk, banyak rayap putih dari kayu," tutur Kepala Sekolah SMPN 2 Satu Atap Jambon, Achmad Junaidi saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (21/10/2019).

Menurutnya, ruang kelas yang ambruk itu digunakan siswa dan guru untuk kegiatan ekstra kurikuler karawitan. Di dalamnya banyak alat gamelan serta peralatan sekolah.


"Ruangan ini sejak 5 bulan lalu tidak digunakan, karena bagian atapnya sudah doyong ke bawah, khawatir terkena siswa atau guru, makanya tidak digunakan," terang dia.

Junaidi mengaku atap sekolah doyong sejak 5 bulan lalu. Kemungkinan karena kayu penyangga atap sudah tidak kuat lagi menahan beban. Meski kayu dari luar terlihat bagus dan kuat, saat didekati banyak hewan rayap keluar dari dalam kayu.

"Kemungkinan karena dimakan rayap," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com