detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 19:27 WIB

Jokowi Dilantik, Relawan di Surabaya Tasyakuran Tumpeng Sayur 7 Meter

Hilda Meilisa - detikNews
Jokowi Dilantik, Relawan di Surabaya Tasyakuran Tumpeng Sayur 7 Meter Warga berebut sayuran di tumpeng sayur (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Presiden Joko Widodo dan wakilnya Ma'ruf Amin resmi dilantik. Untuk merayakannya, para relawan melakukan tasyakuran Gerebeg Suroboyo dengan membuat tumpeng setinggi 7 meter.

Ketua Forum Alumni Jatim 01 Ermawan Wibisono mengatakan tumpeng setinggi 7 meter ini memiliki filosofi khusus.

"Dalam rangka mengapresiasi pelantikan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wapres. Grebek Suroboyo ini dimaknai sebagai dengan tinggi 7 meter sebagai presiden ke 7 kemudian lebar 2 meter itu periode yang kedua," kata Ermawan di depan Balai Pemuda Surabaya, Minggu (20/10/2019).


Tak hanya mengenakan baju bergambar Jokowi, saat tasyakuran, para relawan juga terlihat memakai baju adat. Ada berbagai baju adat yang digunakan di sini, seperti Jawa hingga Bali.

Ermawan menambahkan dari tasyakuran ini pihaknya juga melestarikan budaya yang ada. Dia berharap jangan sampai ada paham baru yang menggerogoti nilai kesatuan dan persatuan bangsa.

"Cara ini kita maknai sebagai menjaga tradisi dan budaya di mana akhir-akhir ini bangsa ini diserang oleh ideologi trans nasional yang membahayakan persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa," paparnya.



Sementara relawan lainnya, Kusnan menambahkan dipilihnya tumpeng berisikan sayur dan buah ini tak lain sebagai bentuk doa agar Indonesia tetap menjadi negara yang diberkahi banyak kekayaan alam. Tumpeng ini pun menjadi primadona dan rebutan relawan yang hadir.

"Indonesia ternyata subur, makmur, gemah ripah loh jinawi dengan hasil tanaman hasil perkebunan yang hasil yang melimpah. Ini yang kita tampilkan di tumpeng ini. Jadi tumpeng nanti kita rebutkan bersama kalau dibawa pulang monggo, yang penting untuk warga Indonesia," pungkas Kusnan.


Pelantikan Usai, Jokowi: Sekarang Mulai Kerja!

[Gambas:Video 20detik]


(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com