detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 11:09 WIB

Parade Merah Putih di Surabaya, Doakan Pelantikan Presiden Lancar

Hilda Meilisa - detikNews
Parade Merah Putih di Surabaya, Doakan Pelantikan Presiden Lancar Kirab bendera merah putih sepanjang 210 meter. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Menyambut momentum Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin siang nanti, warga Surabaya turut mengikuti kegiatan Parade Merah Putih. Acara ini sekaligus mendoakan Indonesia lebih baik.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan parade ini juga sebagai wujud terima kasih kepada para pendahulu bangsa. Selain itu, dalam parade, para peserta melakukan kirab bendera merah putih sepanjang 210 meter.

"Kami bersama-sama dengan TNI dan seluruh masyarakat Jawa Timur dan masyarakat Surabaya kita melaksanakan Parade Bendera Merah Putih untuk Indonesia damai. Kita melaksanakan kegiatan ini sebagai wujud rasa Terima kasih kami kepada para pendahulu bangsa yang telah membangkitkan nasionalisme kita dan telah menyatukan kebhinekaan kita sehingga kita bisa menjadi seperti saat ini," papar Sandi di Monumen Polri Jalan Polisi Istimewa Surabaya, Minggu (20/10/2019).

"Kirab tadi sepanjang 210 meter, kita juga telah membawa bendera ini dari kemarin di Polrestabes Surabaya ke Tugu Pahlawan dan hari ini kita kirab di Taman Bungkul pada saat car free day sebagai peringatan kita bersama sebagai wujud komitmen Surabaya menjaga persatuan dan kesatuan," imbuhnya.


Tak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, Sandi juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk ikut mendoakan Indonesia. Terlebih, di bawah pimpinan Jokowi yang dilantik hari ini agar bisa semakin maju.

"Kebetulan juga ini merupakan hari pelantikan presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, kami mendoakan dari Surabaya mudah-mudahan bisa membawa Indonesia menjadi maju serta masyarakat Surabaya Jawa Timur dan Indonesia menjadi aman dan kondusif," lanjut Sandi.

Sementara itu, saat ditanya bagaimana situasi di Surabaya menjelang Pelantikan Presiden, Sandi menyebut sejauh ini masih kondusif.

"Alhamdulillah berkat doa kita bersama serta sinergitas yang diberikan masyarakat, sampai hari ini situasi keamanan di Surabaya dan sekitarnya itu aman dan kondusif. Mudah-mudahan bisa kita jaga dan kita pertahankan," lanjut Sandi.


Dalam acara ini, ada pula hiburan dari perangkat Nella Kharisma. Juga hadir beberapa PJU Polda Jatim dan Kapolres di beberapa wilayah Jatim.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat Surabaya dan Jawa Timur atas kerjasamanya hingga kita semua bisa menjadi role model bagi daerah lain jika Jawa Timur dan Surabaya guyub menjaga persatuan dan kesatuan," pungkasnya.


Simak juga video "Jelang Pelantikan Presiden, Polisi Gelar Patroli Laut" :

[Gambas:Video 20detik]


(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com