detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 00:17 WIB

Polisi, TNI ,dan Bupati Trenggalek Patroli Bersama Jelang Pelantikan Presiden

Adhar Muttaqin - detikNews
Polisi, TNI ,dan Bupati Trenggalek Patroli Bersama Jelang Pelantikan Presiden Polisi, TNI, dan Bupati Trenggalek gelar patroli (Foto: Istimewa)
Trenggalek - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi Widodo - Makruf Amin, tim gabungan dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP di Trenggalek menggelar patroli besar-besaran di sejumlah titik keramaian untuk memastikan wilayah dalam kondisi aman.

Patroli gabungan dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, Dandim 0806 Letkol Inf Dodik Novianto dan Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin. Anggota gabungan tersebut menyisir beberapa wilayah yang menjadi pusat keramaian, seperti alun -alun, Stadion Menak Sopal serta beberapa titik keramaian lainnya.

"Kami juga keliling di sejumlah jalur-jalur protokol. Kesiapsiagaan ini juga dilakukan di seluruh polsek jajaran," kata Jean Calvijn, Minggu (19/10/2019).

Dalam patroli gabungan tersebut pihaknya berkomunikasi langsung dengan masyarakat dan mengimbau agar tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas. Pihaknya juga meminta warga untuk tidak terprovokasi dengan kabar-kabar hoax yang beredar melalui media sosial.


"Intinya kami ingin memastikan bahwa Trenggalek dalam kondisi aman. Selain patroli besar-besaran malam ini, kami juga akan melanjutkan dengan sterilisasi dan pengamanan sejumlah objek vital termasuk tempat ibadah, seperti gereja dan sebagainya," ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, meskipun proses pelantikan presiden dilakukan di Jakarta, namun pihaknya tetap menjalankan prosedur pengamanan maksimal sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami siaga satu mulai hari Jumat yang lalu, semoga pelantikan presiden dapat berjalan dengan lancar dan kondisi kemanan tetap kondusif," imbuh Calvijn.


Sementara itu Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, mengatakan untuk menjaga keamanan menjelang pelantikan presiden, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh kepala desa agar kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling), sehingga bisa mendetey gangguan keamanan mulai dari lingkungan masing-masing.

"Ini sebagai antisipasi saja, karena berbagai ancaman gangguan bisa terjadi di mana saja. Semoga Trenggalek tetap aman," katanya.


Simak juga video "Jelang Pelantikan Presiden, Polisi Gelar Patroli Laut" :

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com