detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 22:05 WIB

Diduga Ada 4 Pendaki Terjebak di Kebakaran Hutan Gunung Ranti

Ardian Fanani - detikNews
Diduga Ada 4 Pendaki Terjebak di Kebakaran Hutan Gunung Ranti Hutan di Gunung Ranti yang terbakar hebat (Foto: Istimewa)
Banyuwangi - Kebakaran hutan hebat di Gunung Ranti, masuk kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen masih terjadi. Diduga ada 4 pendaki yang masih terjebak dalam kebakaran tersebut.

Menurut salah satu pemilik warung, Elis, ada 4 orang wisatawan yang tengah melakukan pendakian di Gunung Ranti saat kebakaran terjadi. Diduga kuat mereka berempat terjebak, mengingat kobaran api semakin membesar.

"Sebenarnya mereka sudah dilarang oleh para pemilik warung. Karena memang di sana sering kebakaran. Tapi mereka memaksa untuk mendaki, dan terjebak di atas," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (19/10/2019).



Perempuan asal Desa Tamansari Kecamatan Licin ini lantas memilih turun ke bawah, karena kondisi angin di Kawasan wisata Kawah Ijen cukup kencang.

"Takut mas. Mending pulang, pohon banyak yang tumbang akibat angin kencang. Khawatirnya, api merambat," pungkasnya.


Hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Termasuk kondisi 4 wisatawan yang diduga terjebak di Gunung Ranti.

Gunung Ranti merupakan salah satu puncak di kawasan Pegunungan Ijen dengan ketinggian mencapai 2.601 Mdpl yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com