detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 12:12 WIB

Cuaca Kondusif, Water Bombing Arjuno-Welirang Dilakukan Hari Ini

Muhajir Arifin - detikNews
Cuaca Kondusif, Water Bombing Arjuno-Welirang Dilakukan Hari Ini Helikopter water bombing (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Setelah beberapa kali batal karena kendala cuaca, water bombing kawasan Gunung Arjuno-Welirang hari ini dilakukan. Sejumlah titik jadi target pembasahan dari udara dengan helikopter.

"Gunung Arjuno terpantau dari wilayah Malang, Pasuruan dan Mojokerto cuaca cerah. Seluruh Tim berada di posisi masing-masing sesuai rencana operasi untuk melaksanakan water bombing," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Bakti sasaran water bombing hari ini di 4 titik. Antara lain Curah Sriti dan Watu Bagong, wilayah Malang serta Garotan Tung medot, wilayah Pasuruan.


Water bombing dilakukan untuk pembasahan bekas kebakaran yang dimungkinkan masih terdapat potensi api. Pasalnya seringkali api kembali muncul dari sisa kebakaran.

"Sepertinya melakukan pembasahan saja (di titik-titik sasaran)," pungkas Bakti.


Water bombing dengan Helikopter MI8-MTV, direncanakan sejak Selasa (15/10). Namun karena kendala cuaca operasi dibatalkan.

Pada Kamis (17/10), cuaca Gunung Arjuno terpantau dari wilayah Malang, Pasuruan dan Mojokerto cerah. Namun operasi kembali batal karena heli mengalami kerusakan mesin. Setelah dilakukan perbaikan hari ini heli sudah siap beroperasi.




Video saat Kebakaran di Gunung Arjuna-Welirang Masih Membara:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com