detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 00:31 WIB

Pasukan Gabungan Siap Amankan Pasuruan Saat Pelantikan Jokowi

Muhajir Arifin - detikNews
Pasukan Gabungan Siap Amankan Pasuruan Saat Pelantikan Jokowi Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Kodim 0819 Pasuruan, Polres Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota menggelar apel pasukan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sebanyak 800 personel gabungan terlibat dalam apel yang digelar di Alun-alun Bangil, Kabupaten Pasuruan, ini. Ratusan personel berasal dari Polres Pasuruan, Polres Pasuruan Kota dan Kodim. Selain itu ada personel dari instansi terkait.

"Apel dilakukan untuk mengecek kesiapan pasukan dalam rangka menjaga suasana kondusif di Pasuruan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden," kata Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, Jumat (18/10/2019).

Rofiq mengatakan kondisi kamtibmas sekala nasional khususnya di Jakarta mengalami peningkatan eskalasi. Namun wilayah Jawa Timur, khususnya di Pasuruan Raya, kondisi relatif kondusif.

"Hal ini adalah hasil kerja keras segenap elemen masyarakat yang punya satu komitmen untuk bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban daerah. Suasana kondusif ini harus terus kita jaga bersama," terang Rofiq.

Selama menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden, masyarakat diimbau tetap menjalankan aktivitas sebagaimana biasa. Pihaknya menjamin keamanan masyarakat.

"Warga kami imbau tetap beraktifitas seperti biasa. Aparat keamanan akan bekerja profesional untuk memberikan rasa aman," pungkas Rofiq.

Apel gelar pasukan yang juga dihadiri Forkopimda itu ditutup dengan kegiatan show of force patroli. Tujuannya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat.




Tonton video 30 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf:

[Gambas:Video 20detik]




(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com