detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 18:41 WIB

Polisi di Madiun Blusukan ke Ponpes Jelang Pelantikan Presiden

Sugeng Harianto - detikNews
Polisi di Madiun Blusukan ke Ponpes Jelang Pelantikan Presiden Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober 2019 mendatang berbagai upaya dilakukan kepolisian. Di Kabupaten Madiun, para polisi melakukan blusukan ke pondok pesantren.

Blusukan ke pondok pesantren itu polisi ingin berbaur dan mengajak santri, ulama dan masyarakat untuk menciptakan suasana damai menjelang dan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

"Kita sampaikan pesan Kamtibmas, kepentingan warga yang ke masjid ini, yang ada di sini tidak hanya penghuni ponpes namun juga warga sekitar. Yang juga hadir di sini kalangan umum, jadi bisa disampaikan kepada warga lain. Kemudian juga ada unsur bhabinkamtibmas yang sebagai representasi," kata Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono, kepada wartawan usai salat Jumat, di Ponpes Al Islam Desa Bandungan, Kecamatan Saradan, Jumat (18/10/2019).


Dipilihnya Ponpes Al Islam untuk agenda Jumat berkah, kata Ruruh, juga sekaligus untuk menyambut peringatan hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang. Karena usia ponpes ini merupakan tertua di Kabupaten Madiun berdiri sejak 1911.

"Kunjungan ke Ponpes Al Islam, karena letak lokasi yang terpencil di perbatasan Nganjuk dan berada di balik gunung pandan, jadi harus muter lewat Nganjuk untuk ke lokasi. Ini juga sekaligus menyambut hari santri nasional 22 Oktober, sehingga sekaligus kita ajak menciptakan suasana damai menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden," ujarnya.

Sementara itu, pengasuh ponpes Al Islam, Gus Faisol, kepada wartawan menuturkan, bahwa pihaknya bersama santri dan masyarakat telah mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden agar berjalan lancar.

"Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih untuk kepolisian sudah bersilaturahmi bersama santri. Intinya kami sangat mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden untuk menciptakan suasana damai dan kondusif," papar Gus Faisol.


Dalam kesempatan ini Kapolres Madiun bersama Dandim 0803 Madiun Letnan Kolonel Czi Nur Alam Sucipto juga memberikan bantuan untuk keperluan ponpes dan diserahkan secara simbolis kepada pengasuh ponpes. Bantuan perlengkapan ponpes diantaranya Alquran.

Data yang dihimpun detikcom dalam pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Polres Madiun telah menyiapkan sekitar seribu personel gabungan baik Polri, TNI serta Linmas.


Simak juga video "Jelang Pelantikan Presiden, TNI-Polri Gelar Apel Bersama" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com