detikNews
2019/10/18 17:43:16 WIB

Penculik dan Pembunuh Seorang Suami di Surabaya Diringkus, Apa Motifnya?

Amir Baihaqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Penculik dan Pembunuh Seorang Suami di Surabaya Diringkus, Apa Motifnya? Pasutri yang menjadi tersangka kasus ini (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Korban penculikan dan pembunuhan Bangkit Maknutu Dunirat (32) ternyata pernah pernah berpacaran dengan salah satu tersangka Rulin Rahayu Ningsih (32). Lalu apa motif tersangka menculik dan membunuh korban?

"Salah satu tersangka (Rulin istri dari tersangka Bambang Irawan) adalah mantan pacar dari korban. Hubungan mereka berlangsung sejak tahun 2015 sampai 2017. Korban kemudian diputus oleh tersangka Rulin," kata Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leo Simarmata saat menggelar jumpa pers di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (18/10/2019).

"Tersangka ini merasa banyak ditipu oleh korban. Salah satu penipuannya yakni korban pernah diminta tersangka untuk menjual mobil tersangka (Rulin) dan laku Rp 93 juta. Namun tersangka hanya diberi Rp 5 juta," imbuh mantan Kapolres Mojokerto itu.


Penipuan lainnya, lanjut Leo, pada saat masih pacaran pada tahun 2016, korban pernah mengajukan kredit mobil tapi atas nama tersangka Rulin. Namun mobil itu dipakai sendiri dan tersangka yang terbebani dengan tagihan kredit.

"Korban juga pernah mengajukan kredit mobil atas nama tersangka tapi kewajiban-kewajiban pembayaran cicilan kredit dibebankan pada tersangka karena memakai atas nama tersangka waktu mengajukan kredit. Sehingga tersangka kerap dikejar debt collector," tutur Leo.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com