detikNews
2019/10/18 14:07:59 WIB

Cerita Pilu Warga Kota Mojokerto Selamat dari Kerusuhan Wamena

Enggran Eko Budianto - detikNews
Halaman 1 dari 3
Cerita Pilu Warga  Kota Mojokerto Selamat dari Kerusuhan Wamena Wisnu Gunawan bersama anak dan istrinya (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Wisnu Gunawan (35) bersama istri dan dua anaknya berhasil selamat dari kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Namun untuk lolos dari konflik tersebut, satu keluarga ini harus mengungsi selama 17 hari dan naik kapal selama sepekan.

Wisnu kembali ke kampung halamannya dijemput mobil Tagana Dinas Sosial Kota Mojokerto, Kamis (17/10). Tak sendirian, dia bersama istrinya Ivoni Martatiwu (34), serta kedua buah hatinya Aisyah Putri Lestari (2) dan Yunita Ramawati Utari (3).

Lelah nampak jelas di wajah mereka. Bahkan kedua anak Wisnu kini mengalami demam, batuk dan pilek.


Pria asal Jalan Kawi, Kelurahan Wates, Kacamatan Magersari, Kota Mojokerto ini merantau ke Wamena sejak 2016. Bersama istri dan kedua anaknya, Wisnu tinggal di sebuah rumah kontrakan di Jalan Pattimura, Distrik Wamena. Sehari-hari dia bekerja sebagai sopir angkutan umum.

Ketenangan keluarga Wisnu terusik pada Senin (23/9). Sekitar pukul 08.30 WIT, dia mendengar suara rentetan tembakan. Warga di sekitar tempat tinggalnya berhamburan keluar rumah. Kebetulan hari itu dia sedang libur sehingga di rumah bersama keluarganya.

Rupanya Wamena sedang dilanda kerusuhan. Warga setempat membakar kios dan membunuh para perantau. Wisnu pun memilih meninggalkan harta benda di rumah kontrakan untuk mengungsi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com