detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 12:15 WIB

Ratusan Polisi Lamongan Disiagakan Jelang Pelantikan Presiden

Eko Sudjarwo - detikNews
Ratusan Polisi Lamongan Disiagakan Jelang Pelantikan Presiden Apel pasukan jelang pelantikan presiden/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Ratusan personel kepolisian dari Polres Lamongan disiagakan untuk pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, 20 Oktober mendatang.

Ratusan petugas ini akan berjaga di beberapa objek vital yang disinyalir rawan terjadinya ganguan keamanan. Selain itu, petugas juga menggelar patroli selama 24 jam di setiap desa dan kecamatan di Kabupaten Lamongan.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi konflik jelang atau pasca pelantikan, petugas kepolisian juga akan menggelar dialog dengan beberapa warga.

Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, potensi kericuhan di Lamongan sangat kecil terjadi. Bahkan hingga kini belum terdeteksi. Meski demikian pihaknya tidak menganggap remeh, petugas kepolisian Polres Lamongan akan terus disiagakan jelang dan pasca pelantikan itu berlangsung.


"Alhamdulillah hingga sampai saat ini potensi terjadinya kericuhan tidak ada," kata Kapolres Lamongan usai apel gelar pasukan pengamanan di Alun-Alun Lamongan, Jumat (18/10/2019).

Dia mengungkapkan, pihaknya juga belum mendeteksi adanya warga Lamongan yang hendak mengikuti aksi unjuk rasa di Jakarta jelang pelantikan presiden dan wakilnya. Namun, ada beberapa kelompok tani hutan yang Minggu lalu berangkat ke Jakarta dengan agenda mendukung pelantikan presiden terpilih.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan melakukan mobilisasi masa ke Jakarta nanti," imbuhnya.

Dalam pengamanan, polisi juga menggandeng beberapa elemen masyarakat di dalamnya. "Untuk giat hari ini personel polisi yang kita siagakan ada 600 personel, dibantu 150 dari TNI dan beberapa elemen masyarakat juga terlibat," kata perwira polisi berpangkat dua melati di pundaknya ini.

Sementara Bupati Lamongan Fadeli berharap, seluruh masyarakat tetap menjaga keamanan dan tidak menggelar aksi unjuk rasa yang berlebihan jelang pelantikan. "Secara keamanan Lamongan dalam kondisi aman dan sangat jauh dari konflik politik. Untuk itu masyarakat Lamongan jangan sampai ikut-ikutan mari ciptakan kedamaian," ujar Fadeli.




Tonton video Kapolri Ungkap Alasan Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden:

[Gambas:Video 20detik]





(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com