detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 23:07 WIB

Bukan Dicekoki Ciu, Kucing Video Viral Ternyata Diminumi Air Kelapa Muda

Adhar Muttaqin - detikNews
Bukan Dicekoki Ciu, Kucing Video Viral Ternyata Diminumi Air Kelapa Muda Foto: 20Detik
Tulungagung - Video kucing diminumi cairan hingga mati viral di media sosial. Tetapi apa yang ada di video tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya.

Caption awal video menulis 'Percobaan ciu terhadap kucing anggora'. Sedangkan pada segmen kedua kucing kembali diberikan minum dan diberikan caption 'Setelah 2 jam empedu bekerja keras mengeluarkan racun membuat si tubuh anggora bergetar'.

Dalam video berdurasi 1,23 menit tersebut pengunggah status IG juga memperlihatkan detik-detik kematian si kucing. 'Innalilahi wa Inna Ilaihi Raji'un, padahal jik mati sepisan kok bablas,' kata pengunggah video.


Video tersebut menuai berbagai komentar hingga kecaman. Namun beberapa juga memberikan klarifikasi atas kejadian yang sebenarnya.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia mengatakan video viral tersebut direkam dan diunggah oleh AA warga Desa Dukuh Kecamatan Gondang, Tulungagung.

"Kami sudah mengklarifikasi kepada yang bersangkutan. Ternyata cairan yang diminumkan ke kucing adalah air kelapa muda," kata Pandia.


Pandia mengatakan air kelapa muda diminumkan karena kucing tengah muntah-muntah yang diduga keracunan tikus. Namun AA yang mengunggah video itu memberikan narasi dan keterangan yang berbeda-beda, hingga seolah-olah kucing dipaksa meminum miras hingga mati.

"Jadi, videonya memang benar direkam dan diunggah oleh AA, hanya saja yang diminumkan bukan miras," tandas Pandia.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com