detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 13:04 WIB

Sidang Ditunda, Kubu NU Sempat Istigasah dan Pendukung Gus Nur Orasi

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sidang Ditunda, Kubu NU Sempat Istigasah dan Pendukung Gus Nur Orasi Massa dari Banser dan Ansor saat istighosah/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Sidang vonis kasus video hina NU dengan terdakwa Gus Nur ditunda. Meski begitu, sebelumnya sejumlah massa yang datang sempat menggelar istigasah dan orasi.

Massa yang menggelar istigasah merupakan anggota Banser dan Ansor. Istigasah digelar di Jalan Arjuno yang sempat ditutup tepat di depan Pengadilan Negeri Surabaya.


Mereka menggelar istigasah dengan khidmat di bawah pengawalan polisi bersurban. Mereka dari pihak NU yang merasa keberatan dengan video hina NU yang dibuat Gus Nur.

Bendahara Ansor Jatim Badrud Tamam mengatakan, kedatangan mereka ialah untuk bermunajat dan mendoakan majelis hakim. Harapannya, majelis hakim jeli dalam memberikan putusan terhadap Gus Nur.

"Alhamdulillah sidang ditunda pada tanggal 24 mendatang. Kami tetap menunggu. Kita tetap menghormati proses hukum di Pengadilan Negeri Surabaya," kata pria yang akrab dipanggil Gus Tamam kepada wartawan di PN Surabaya, Kamis (17/10/2019).

Karena sidang ditunda, ia meminta ratusan Banser dan Ansor untuk membubarkan diri. "Yang berada di jalan dari berbagai daerah kita minta untuk kembali. Karena kita mendengar bersama sidang ditunda," lanjut Tamam.

Pendukung Gus Nur/Pendukung Gus Nur/ Foto: Deny Prastyo Utomo


Sedangkan tak jauh dari PN Surabaya, tepatnya di Jalan Anjasmoro, para pendukung Gus Nur yang datang sempat menggelar orasi dan doa bersama. Mereka membawa sejumlah poster yang juga mendapat pengawalan dari polisi bersurban.

Kedua kubu membubarkan diri setelah adanya pengumuman penundaan persidangan. Jalan Arjuno pun kembali dibuka.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com