detikNews
2019/10/16 16:22:23 WIB

Hutan Gunung Ringgit Habis Terbakar, Warga Sesalkan Telatnya Water Bombing

Muhajir Arifin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hutan Gunung Ringgit Habis Terbakar, Warga Sesalkan Telatnya Water Bombing Hutan lereng Gunung Ringgit/Foto: Istimewa
Pasuruan - Hampir seluruh hutan di Gunung Ringgit Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan habis terbakar. Warga menyesalkan lambannya antisipasi kebakaran.

"Sekarang hutan Gunung Ringgit sudah habis, baru mau ada water bombing. Seharusnya dari kemarin-kemarin saat api besar. Sekarang sudah nggak ada api," kata Nuroso Adi, Warga Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Rabu (16/10/2019).

Adi mengatakan, saat terjadi kebakaran di Gunung Ringgit, Jumat (11/10), warga Desa Jatiarjo dan Dayurejo Kecamatan Prigen spontan naik melakukan pemadaman. Pemadaman dilakukan dengan cara manual yakni memukul-mukul api dengan kayu.


Namun karena kondisi hutan kering dan angin yang kencang, warga kewalahan. Apalagi medan di lereng Ringgit sangat sulit. Kebakaran berada di lereng curam dengan kemiringan hingga 60 derajat. Di lokasi ini juga banyak jurang dan lembah.

Banyaknya titik api di area yang tak terjangkau membuat kebakaran semakin membesar dan merambat ke segala arah. Kebakaran di lokasi-lokasi yang tak bisa dijangkau akhirnya dibiarkan.

"Warga sudah berusaha sekuat tenaga tapi tak mampu. Kebakaran kemarin itu memang sangat besar," terang pria yang juga Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Jatiarjo ini.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com