detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 11:00 WIB

Wujudkan Program Gubernur Khofifah, Polda Jatim Gelar Baksos Kesehatan

Hilda Meilisa - detikNews
Wujudkan Program Gubernur Khofifah, Polda Jatim Gelar Baksos Kesehatan Baksos di Polda Jatim/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Operasi katarak gratis digelar Polda Jatim. Ini untuk mewujudkan dan menyelaraskan program Pemprov Jawa Timur Bebas Katarak 2023. Selain itu ada pemeriksaan kesehatan lainnya yang difokuskan ke anak-anak hingga lansia.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan pihaknya menggandeng seluruh pihak untuk bersama berkomitmen membantu masyarakat tetap sehat.

"Polda Jatim bersama dari seluruh Mitra kesehatan dari Biddokkes dari TNI dari Pemprov, dari mahasiswa fakultas kedokteran kami libatkan dalam bakti sosial dalam rangka Polda Jatim. Ini banyak sekali yang kita berikan pelayanan kesehatan dalam waktu satu hari," kata Luki di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (15/10/2019).


Tak hanya menyediakan fasilitas operasi katarak secara gratis, Luki menyebut pihaknya menyediakan berbagai vitamin untuk kekebalan daya tahan tubuh anak-anak hingga operasi bibir sumbing. Targetnya mulai dari anak-anak hingga lansia.

Selain itu, di sini juga dilakukan khitan massal, pemeriksaan kesehatan umum hingga pemeriksaan kesehatan gigi anak-anak sekolah dasar. Ada pula fasilitas untuk mendonorkan darah bagi masyarakat lain yang membutuhkan.

"Sehingga masalah kesehatan kami prioritaskan dari anak-anak bayi sampai dengan lansia. Kita mengobati penyakit-penyakit, baik itu pemberian vitamin. Bakti sosial juga dalam operasi bibir sumbing, katarak juga ada. Bahkan pemeriksaan lainnya juga," tambah Luki.

Tak hanya itu, Luki menyebut hal ini juga sebagai langkah mengenalkan sosok polisi ke masyarakat. Dia menyebut, tugas polisi tak hanya di bidang lalu lintas. Namun, ada juga bidang kedokteran dan kesehatan yang membantu masyarakat.

Kapolda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya temui anak-anak/Kapolda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya temui anak-anak/ Foto: Hilda Meilisa Rinanda

"Ini dalam rangka memberikan trust, kepercayaan pada Polri, salah satunya bidang kesehatan, ini penting," paparnya.


Saat ditanya berapa jumlah peserta bakti sosial ini, Luki mengatakan ada ribuan orang. Dia berharap kegiatan ini bisa membantu mewujudkan Jatim Bebas Katarak di tahun 2023.

"Ada ribuan masyarakat. Mudah-mudahan ini sangat bermanfaat dan membantu dari program yang dicanangkan Bu Khofifah," pungkasnya.
(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com