detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 21:49 WIB

Senyum Semringah Mbah Mitun Setelah Rumahnya Dibedah

Adhar Muttaqin - detikNews
Senyum Semringah Mbah Mitun Setelah Rumahnya Dibedah Foto: Istimewa
Trenggalek - Tim gabungan dari Polres Trenggalek, Baznas, pemerintah daerah masyarakat bergotong-royong membedah rumah seorang nenek di Kecamatan Durenan. Rumah yang tadinya reyot dan tidak layak huni dipugar agar lebih nyaman ditempati.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan rumah milik Mbah Mitun di Desa Gador, Kecamatan Durenan tersebut awalnya hanya semi permanen yang terbuat dari bambu. Kondisi rumah yang telah usang dan reyot tersebut membuat warga sekitar serta sejumlah instansi tergerak dan sepakat untuk melakukan proses pemugaran.

"Bedah rumah ini adalah bentuk kerjasama baik antara kepolisian, Baznas, pemerintah desa, pemerintah kecamatan serta masyarakat yang ada di sekitarnya. Ketika ada satu warga yang membutuhkan, semua turun tangan bahu membahu," kata AKBP Jean Calvijn, Senin (14/10/2019).

Rumah semi permanen tersebut akhirnya dibongkar oleh tim gabungan. Sebagai gantinya, di bekas rumah terdahulu dibangun rumah dengan dinding permanen, sehingga lebih kuat dan nyaman untuk dihuni.


"Proses pengerjaan dilakukan gotong-royong," ujarnya.

Menurutnya tradisi gotong-royong yang ada di Desa Gador dinilai masih cukup baik, warga yang ada di sekitar rumah Mbah Mitun dengan suka rela menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mempercepat proses pembangunan rumah tersebut.

Kapolres mengaku saat ini rumah Mbah Mitun telah berhasil dirombak dan menjadi lebih baik. Ia berharap dengan hasil bedah rumah tersebut diharapkan pemilik rumah menjadi lebih nyaman dan aman.

"Kami juga memberikan sedikit bantuan kepada Mbah Mitun untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," jelas Calvijn.


Pihaknya berharap, tradisi gotong-royong yang ada di wilayah Trenggalek terus dilestarikan sehingga bisa menjadi energi positif bagi kehidupan masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Mbah Mitun mengaku cukup gembira sebab kini rumah lebih layak huni dibanding kondisi sebelumnya.

"Alhamdulillah senang sekali, rumah kami sekarang lebih bagus, terima kasih bapak polisi dan yang lain, semoga berkah," imbuhnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com