detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 13:05 WIB

Rawan Kebakaran, Gunung Arjuno-Welirang Belum Dibuka untuk Pendakian

Muhajir Arifin - detikNews
Rawan Kebakaran, Gunung Arjuno-Welirang Belum Dibuka untuk Pendakian Pos Jaga Taman Wisata Alam Tretes, Prigen, Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Gunung Arjuno-Welirang ditutup sejak awal September. Pengelola kawasan belum memastikan sampai kapan penutupan diberlakukan.

"Pendakian kan sudah ditutup sejak awal September lalu. Dan belum bisa kami pastikan kapan kembali dibuka. Kondisi kawasan masih rawan kebakaran. Kami tak ingin ambil resiko keselamatan pendaki," kata Kasi KPPKH Malang-Pasuruan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Dedi Hadiana, Senin (14/10/2019).

Kebakaran terjadi bertubi-tubi di berbagai lokasi di kawasan konservasi Tahura selama musim kemarau. Kondisi kering menyebabkan lahan hutan mudah terbakar terutama disebabkan ulah pemburu liar. Pihak Tahura berharap segera turun hujan.

"Mungkin pendakian kami buka jika sudah turun hujan," terang Dedi.


Gunung Arjuno-Welirang merupakan salah satu lokasi paling diminati para pendaki. Saat kondisi normal, ratusan pendaki naik ke gunung ketinggian 3.339 m dpl, ini. Saat musim liburan, jumlah pendaki lebih banyak lagi.

Seperti diberitakan kebakaran terjadi di beberapa lokasi di kawasan Tahura sejak 4 hari lalu. Antara lain di Arjuno, wilayah Malang, Welirang dan di Gunung Ringgit. Pihak Tahura memastikan kebakaran di tiga lokasi sudah padam.

Meski kebakaran di kawasan ini sudah padam, pengelola kawasan tetap siaga. Kondisi lahan hutan yang kering masih rawan kebakaran.

Saat ini tim Tahura melakukan penyisiran lokasi kebakaran untuk memastikan blok mana saja yang terbakar. Luasan lahan yang terbakar juga masih dilakukan penghitungan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com