detikNews
Sabtu 12 Oktober 2019, 22:52 WIB

Indra Lesmana Terkesima Tarian Kolosal Gandrung Sewu di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Indra Lesmana Terkesima Tarian Kolosal Gandrung Sewu di Banyuwangi Bupati Anas dan Indra Lesmana/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Tarian kolosal Gandrung Sewu menarik perhatian musisi dan pencipta lagu Indra Lesmana. Hadir di ajang yang digelar kali kedelapan ini, Indra mengaku takjub dengan seni budaya Banyuwangi.

"Sebuah garapan kolosal yang spektakuler. Saya bukan hanya terkesima dengan keindahan garapan yang sudah berjalan 8 tahun ini, namun juga terinspirasi akan indahnya keragaman negeri kita," kata Indra Lesmana, Sabtu (12/10/2019).

Indra mengaku banyak tawaran dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Mulai dari garapan event musik hingga pertunjukan musik yang bakal digelar di Banyuwangi.


"Pak Bupati Anas menawarkan banyak sekali event. Bahkan Pak Bupati berharap saya menjadikan Banyuwangi sebagai rumah ketiga saya," tambahnya.

Indra Lesmana berkunjung di Banyuwangi atas undangan dari Pemkab Banyuwangi. Tak hanya melihat Gandrung Sewu, musisi jazz papan atas Indonesia ini juga hadir dalam acara Ngopi Sepuluh Ewu di Desa Kemiren Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Terakhir, Indra diajak melihat sendratari Meras Gandrung di Jiwa Jawa resort, amphitheater Gandrung Terakota. "Terakhir saya diajak melihat sendratari Meras Gandrung di sebuah tempat yang istimewa. Banyak patung Gandrung dari Terakota," tambahnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku gembira atas kehadiran Indra dan memperlihatkan pertunjukan rangkaian Banyuwangi Festival. Bahkan Anas mengajak Indra di beberapa kegiatan yang digelar akhir pekan.

"Tentu Gandrung Sewu ini memiliki magnet khusus. Semua tertarik dengan suguhan kolosal ini. Tentu Mas Indra Lesmana tertarik dengan keindahan seni Gandrung Banyuwangi," ujarnya.

Tak hanya itu, Anas juga mengajak Indra Lesmana berkeliling di Pendopo Shaba Swagata Blambangan yang memiliki bangunan unik yang berada di bawah tanah.


"Kita ajak keliling di bungker pendopo yang ramah lingkungan dan memanfaatkan sinar matahari untuk penerangan di sana," ujarnya.

Anas mengaku meminta kepada Indra Lesmana untuk membuat event khusus bagi Banyuwangi. "Kita ajak kolaborasi. Tentu sesuai dengan keahlian Mas Indra Lesmana," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com