detikNews
2019/10/11 11:57:21 WIB

Tenaga Surya Diaplikasikan untuk Sedot Air Atasi Kekeringan di Pacitan

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tenaga Surya Diaplikasikan untuk Sedot Air Atasi Kekeringan di Pacitan Warga mengandalkan kiriman air dari kota/Foto: Purwoto Sumodiharjo
Pacitan - Krisis air bersih masih mendera puluhan desa di Pacitan. Ini merupakan dampak kemarau panjang yang terjadi hingga saat ini. Warga di sejumlah kantong kekeringan mengandalkan kiriman air untuk kebutuhan hidup.

Kondisi itu sudah dirasakan warga selama puluhan tahun. Satu di antaranya seperti tampak di Dusun Nglaban dan Benggle. Keduanya berada di Desa Sambong, Kecamatan Pacitan.

Beberapa drum berukuran besar tampak terpajang di kanan kiri jalan. Wadah penampung air itu terletak persis di depan rumah-rumah warga. Pemilik rumah sengaja menempatkan di posisi yang mudah dijangkau.


"Menawi tangki dugi langsung saget dipun isi toya (Kalau tangki datang langsung bisa diisi air)," kata Tukinem (60) warga setempat kepada detikcom, Jumat (11/10/2019).

Tukinem mengaku tak punya pilihan kecuali mengandalkan kiriman air dari kota. Pasalnya, beberapa titik mata air yang menjadi penopang kebutuhan berubah kering saat musim kemarau. Pun dengan sumur gali milik warga.

"Sak jane wonten sing kagungan sumur, tapi yen usum ngeten niki nggih garing, pak (Sebenarnya ada yang punya sumur gali, tapi kalau musim seperti ini ya kering, Pak)," imbuhnya sembari menggendong zak berisi rumput.

Kini secercah harapan muncul. Pemkab setempat berencana memfungsikan kembali ratusan sumur bor yang tersebar di seluruh kecamatan. Pemerintah melalui Dinas PUPR memanfaatkan teknologi tepat guna. Yakni tenaga matahari sebagai catu daya pompa air.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com