detikNews
2019/10/11 10:00:47 WIB

Hasil Ekskavasi, Diduga Bangunan Utama Candi Gedog di Bawah Pohon Beringin

Erliana Riady - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hasil Ekskavasi, Diduga Bangunan Utama Candi Gedog di Bawah Pohon Beringin Bangunan utama diduga di bawah pohon beringin/Foto: Erliana Riady
Blitar - Proses ekskavasi Candi Gedog tahap pertama memasuki hari terakhir. Arkeolog BPCB Jatim menemukan beberapa struktur pondasi batu bata yang diduga pintu masuk ke bangunan utama.

Dilihat dari landscapenya, kemungkinan posisi candi berada di bawah pohon beringin di Punden Joko Pangon. Dugaan ini muncul, karena di lokasi kotak gali 2 bagian tengah, tim BPCB menemukan struktur pondasi batu bata menyudut.


"Kami asumsikan ini pintu masuk menuju bangunan utama. Karena posisinya presisi. Lalu struktur batu batanya seperti pondasi dinding pagar. Dari temuan-temuan sebelumnya, biasanya posisi bangunan utama tidak jauh dari pagar. Dan kemungkinan ada di bawah pohon beringin ini," kata Ketua Tim Ekskavasi BPCB Jatim di Candi Gedog, Nugroho Harjo Lukito kepada detikcom di lokasi, Jumat (11/10/2019).

Dari temuan pondasi pintu masuk itu, lanjut dia, timnya menarik garis lurus arah timur laut. Dan pagi ini, mereka akan membuka lokasi itu untuk membuktikan adanya pagar di sisi timur laut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com