detikNews
2019/10/10 15:35:31 WIB

76 Unit iPhone 11 Diamankan di Bandara Juanda dari Penumpang

Suparno - detikNews
Halaman 2 dari 3
76 Unit iPhone 11 Diamankan di Bandara Juanda dari Penumpang Petugas Bea Cukai Jatim menunjukkan sejumlah iPhone 11 yang disita dari penumpang pesawat/menunjukkan Foto: Suparno

Penindakan kedua pada Minggu (29/9). Petugas berhasil mengamankan 11 unit iPhone 11 yang dibawa satu orang penumpang menggunakan tas ransel. Selanjutnya, pemilik barang melakukan pembayaran pajak impor untuk dua iPhone di antaranya.

Penindakan ketiga pada Rabu (2/10). Petugas menyita sembilan iPhone 11 yang dibawa oleh satu orang penumpang dalam koper. Kemudian Minggu (6/10) ada 19 iPhone 11 yang dibawa dua orang penumpang dengan disembunyikan di dalam pakaian yang digunakan.

"Kemudian yang terakhir pada Senin (7/10). Petugas mengamankan sembilan handphone yang dibawa oleh 2 orang penumpang dan diletakkan dalam koper. Selanjutnya terhadap 4 buah handphone dilakukan pembayaran pajak dalam rangka impor dan diserahterimakan kepada pemilik barang," terang Purwantoro.


Ia kemudian menerangkan soal Pasal 22 ayat 1 huruf a PERMENDAG No 38/M-DAG/PER/8/2013. Yakni tentang perubahan atas Permendag No 82/M-DAG/PER/12/2012 tentang ketentuan impor telepon seluler, komputer genggam (Handheld) dan komputer tablet.

"Barang pribadi penumpang dan/atau awak sarana pengangkut dengan jumlah paling banyak 2 (dua) unit per orang" ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan tersebut, penumpang hanya diperbolehkan membawa maksimum dua Handphone dari luar negeri. Sehingga apabila penumpang membawa lebih, maka berlaku aturan Peraturan Menteri Perdagangan. Yakni harus diimpor oleh perusahaan yang memiliki IT seluler, komputer genggam dan komputer tablet.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com