detikNews
2019/10/10 14:51:10 WIB

Pembunuh Pengusaha Rongsokan di Mojokerto Dituntut Hukuman Mati

Enggran Eko Budianto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pembunuh Pengusaha Rongsokan di Mojokerto Dituntut Hukuman Mati Suasana persidangan (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Dua terdakwa pembunuh dan pembakar pengusaha rongsokan di Mojokerto dituntut hukuman mati. Keduanya dinilai bersalah melakukan pembunuhan berencana serta membakar jasad korban.
Sidang pembacaan tuntutan ini berlangsung di ruangan Cakra Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto, Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko. Persidangan dipimpin Ketua Majelis Hakim Joko Waluyo, serta hakim anggota Erhammudin dan Juply S Pansariang.

Kedua terdakwa terlihat duduk di kursi pesakitan sembari menundukkan kepala selama proses sidang. Mereka adalah Priono alias Yoyok (38), warga Dusun Temenggungan, Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan dan Dantok Narianto alias Gondol (36), warga Dusun Dimoro, Desa Tambakagung, Kecamatan Puri, Mojokerto.

Sementara kursi pengunjung dipenuhi perwakilan massa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Terlihat Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, Kajari Rudy Hartono dan Ketua PN Mojokerto Muslim menyaksikan jalannya sidang.


Sidang yang dimulai sekitar pukul 11.52 WIB itu diawali dengan pembacaan materi tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ketiga JPU dalam persidangan ini yaitu Agus Hariono, Kusuma Wardani dan Erfandi.

Setidaknya terdapat 3 inti tuntutan yang dibacakan JPU Agus Hariono. Jaksa yang juga menjabat Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Mojokerto ini meminta majelis hakim agar menyatakan terdakwa Priono dan Dantok terbukti bersalah melanggar Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana juncto Pasal 55 KUHP.

Pada poin kedua, JPU meminta majelis hakim menyatakan terdakwa Priono dan Dantok terbukti bersalah melanggar Pasal 181 KUHP tentang perbuatan menghilangkan jenazah untuk menyembunyikan kematian seseorang juncto Pasal 55 KUHP.

"Majelis hakim supaya menjatuhkan pidana kepada kedua terdakwa dengan pidana mati," kata Agus membacakan poin tuntutan ketiga, Kamis (10/10/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com