detikNews
2019/10/08 19:40:56 WIB

Pemkot Surabaya Akan Dapat Rp 3 Miliar/Tahun dari Sewa Lahan untuk PLTSa

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemkot Surabaya Akan Dapat Rp 3 Miliar/Tahun dari Sewa Lahan untuk PLTSa Pembangkit listrik tenaga sampah di Surabaya (Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Surabaya akan diresmikan pada November mendatang. Rencananya, PLTSa tersebut akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

"Insyaallah bulan November nanti Pak Presiden akan meresmikan PLTSa pertama di Indonesia," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada wartawan, Selasa (8/10/2019).

Risma menambahkan, PLTSa yang berada di TPA Benowo tersebut memiliki kapasitas 11 megawatt. Menurutnya, pembangkit listrik tersebut sudah siap sejak lama. Namun sempat terkendala pembahasan kesepakatan dengan pihak PLN terkait pembelian listrik.


"Kemarin itu belum siap karena urusan duit dengan PLN, terkait pembelian listriknya. Tapi sudah clear, pusat sudah menangani langsung, dari Mensekab menangani langsung," terang Risma.

Menurut Risma, setelah PLTSa diresmikan, pihak penyewa lahan akan membayar sewa lahan dan bangunan yang menjadi aset Pemkot Surabaya. "Asetnya Pemkot, makanya dia membayar sewa ke kami setiap tahun Rp 3 miliar. Semua yang membayar sewa dia. Alatnya nanti 20 tahun diserahkan ke kami dalam kondisi baik," papar Risma.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com