21,5 Hektar Hutan Konservasi di Gunung Arjuno Ludes Terbakar

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 08 Okt 2019 16:24 WIB
Foto: Istimewa
Pasuruan - Kebakaran di Gunung Arjuno, tepatnya di Blok Sudimulyo, Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, meludeskan puluhan hektare lahan hutan. Hutan konservasi yang terbakar ditumbuhi cemara gunung.

"Berdasarkan hitungan kami, sekitar 21,5 hektare lahan terbakar," kata Kapala Unit Pelaksana Teknis Tamana Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, Ahmad Wahyudi, Selasa (8/10/2010).

Lahan seluas itu habis dalam waktu relatif singkat. Kebakaran di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut ini berlangsung kurang dari 24 jam.


"Kebakaran terjadi Senin (7/10) pukul 16.00 WIB. Dari pengamatan lapangan api sudah padam pukul 11.00 WIB siang tadi. Namun biasanya ada sisa-sisa bara yang masih berasap atau yang tidak terlihat. Kami lakukan penyisiran. Dan alhamdulillah sudah tak terlihat asap," terang Wahyudi.

Blok Sidomulyo ditumbuhi pohon cemara gunung dan semak. Lokasi kebakaran berada di turunan tebing curam. Upaya pemadaman yang dilakukan petugas terkendala medan yang sulit. Petugas bertaruh nyawa memadamkan kebakaran.

Sepekan terakhir tercatat sudah empat kali kawasan Tahura terbakar. Sebelum kebakaran di Blok Sidomulyo, Kelurahan Ledug ini, kebakaran melanda Blok Kokopan wilayah Pasuruan dan Blok Plorotan wilayah Mojokerto serta di kawasan Gunung Anjasmoro, Mojokerto.

"Kondisi gunung memang sangat rawan kebakaran. Kondisinya kering dan mudah terbakar. Kejadian selama sepekan ini kami masih selidiki penyebabnya," pungkasnya.


Simak juga video "BPBD Kerahkan Helikopter Padamkan 7 Titik Api di Puncak Arjuno" :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)