Kebakaran Tahura Gunung Arjuno-Welirang Padam, 100 Hektare Ludes

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 15:15 WIB
Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Kebakaran di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Seorjo Gunung Arjuno-Welirang sudah padam. Kebakaran itu melumat 100 hektare hutan.

"Sudah padam. Kebakaran di kawasan Tahura sudah padam," kata Kepala UPT Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi, Rabu (2/10/2019).

Kebakaran hutan di kawasan konservasi Tahura terjadi di dua lokasi, yakni wilayah Gunung Kembar Satu dan Gunung Kembar Dua.

Kebakaran di Gunung Kembar Satu tepatnya berada lereng timur di wilayah Pasuruan dan Batu, terjadi pada Sabtu (28/9) petang. Kebakaran di lokasi ini bisa dikendalikan dan padam sehari kemudian.


Namun kebakaran kembali terjadi di lokasi lain. Titik api muncul di Gunung Kembar Dua, Minggu (29/9), pukul 09.00 WIB. Lokasi kebakaran di Gunung Kembar Dua masuk wilayah Kota Batu.

Puluhan personel gabungan Pamhut Tahura dan berbagai unsur dikerahkan untuk memadamkan api di Gunung Kembar Dua. Api akhirnya padam.

"Total lahan yang terbakar di Gunung Kembar Satu dan Dua mencapai 100 hektare. Meski api sudah padam, kami tetap waspada karena memang sangat rawan kebakaran," terang Wahyudi.
Selanjutnya
Halaman
1 2