detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 13:41 WIB

Seniman di Probolinggo Bagi-bagi Batik Gratis ke Pengguna Jalan

M Rofiq - detikNews
Seniman di Probolinggo Bagi-bagi Batik Gratis ke Pengguna Jalan Foto: M Rofiq
Probolinggo - Memperingati Hari Batik Nasional, sejumlah seniman batik di Kabupaten Probolinggo bagi-bagi batik. Batik gratis itu dbagikan di Jalur Pantura.

Batik yang diberikan kepada para pengguna jalan mulai dari sapu tangan, syal, dan beragam souvenir batik lainnya. Satu persatu pengendara, diberikan langsung kain batik oleh para seniman.

Ketua Asosiasi Batik dan Bordir, Kabupaten Probolinggo, Mahrus Ali mengatakan, aksi bagi-bagi batik di Jalur Pantura, tepatnya di Jalan Raya Panglima Sudirman, Kraksaan bertujuan agar masyarakat ikut melestarikan batik, yang merupakan bagian jati diri bangsa Indonesia.


Dijelaskan Mahrus, Kabupaten Probolinggo memiliki ragam pola batik yang khas. Diantaranya batik pola irisan bawang, Bromo, Padi dan lainnya. Batik Kabupaten Probolinggo sendiri merupakan Batik Pendalungan, yang merupakan perpaduan budaya Madura dan Jawa.

"Jadi secara otomatis, Batik Pendalungan memiliki warna-warna yang tajam. Namun kami juga bisa membuat batik dengan warna yang soft,"ujar Mahrus.

Mahrus menyampaikan, perbedaan lagi yang ada pada batik khas Kabupaten Probolinggo, yakni menggunakan pewarna berbahan kayu jaran. Pewarna tersebut, dapat bertahan cukup lama.

Sementara Kadiskominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian yang turut ikut dalam aksi bagi-bagi batik menyampaikan, di Kabupaten Probolinggo jumlah pengrajin batik yang sudah memiliki pangsa pasar penjualan, mencapai 18 pengrajin.


Seluruhnya tersebar di 24 Kecamatan Kabupaten Probolinggo, dimana hasil produksinya sudah terjual hingga luar daerah seperti Jakarta, Bandung dan lainnya.

"Bagi-bagi batik ini, merupakan langkah mengenalkan keberadaan batik khas daerah utamanya Kabupaten Probolinggo. Di samping itu, peringatan hari batik nasional ke 10," jelas Yulius.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com