Wow, Khofifah Koleksi Batik dari Berbagai Daerah di Tanah Air

Wow, Khofifah Koleksi Batik dari Berbagai Daerah di Tanah Air

Titania Dewanti - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 08:56 WIB
Gubernur khofifah/Foto: Istimewa
Gubernur khofifah/Foto: Istimewa
Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku 'batik holic'. Ia mengoleksi batik hampir dari seluruh penjuru Indonesia.

Menurutnya, batik bukan hanya sekadar kain bermotif. Namun merupakan identitas sekaligus alat pengikat dan perekat persatuan bangsa.

"Sering kali saat kunjungan ke daerah, saya berusaha menyempatkan ke sentra perajin batik dan membelinya. Tidak cuma dikoleksi, tapi juga saya pakai untuk berbagai agenda kegiatan yang saya hadiri," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu (2/10/2019).


Khofifah menyampaikan, tersebarnya perajin batik dari Sabang sampai Merauke menjadi bukti jika batik mampu menjadi alat pemersatu bangsa. "Meskipun berakar dari Jawa, namun telah meluas menjadi budaya Indonesia dan diproduksi di berbagai daerah. Tentunya dengan motif dan ciri khasnya masing-masing. Baik yang dicetak maupun yang dikerjakan dengan tangan atau batik tulis," terangnya

Khofifah memiliki banyak koleksi batik tetapi ia tidak menghitungnya secara pasti. Namun demikian, ia menempatkan batik-batik koleksi miliknya dalam tempat khusus. Beberapa kain batik miliknya sengaja tidak untuk dijahit tetapi untuk koleksi.
Selanjutnya
Halaman
1 2