detikNews
2019/09/22 19:58:51 WIB

Remaja yang 4 Hari Curi Barang di Masjid Tidak Dipidana Umum

M Rofiq - detikNews
Halaman 1 dari 2
Remaja yang 4 Hari Curi Barang di Masjid Tidak Dipidana Umum Foto: M Rofiq
Probolinggo - Remaja di Kabupaten Probolinggo yang tertangkap setelah empat hari berturut-turut melakukan pencurian di masjid tidak dijerat pidana umum. Ia mendapat diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak.

Remaja tersebut berinisial MRW. Pelajar SMP itu merupakan warga Desa Tiris, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Ia yang baru berusia 15 tahun tertangkap basah melakukan pencurian di Masjid Baitur Rahman, Desa Karanggeger, Kecamatan Pajarakan.


Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Rizki Santoso menyampaikan, tidak diterapkannya pidana umum bagi MRW lantaran sampai saat ini belum ada warga yang membuat laporan ke polisi atas aksi kriminal yang dilakukan remaja tersebut.

"Kami terapkan diversi bagi MRW karena tidak ada warga yang melapor. Barang yang dicuri pun nilainya kecil-kecil di bawah Rp 1 juta," kata Rziki, Minggu (22/9/2019).

Selain itu, langkah Diversi juga diambil polisi lantaran MRW masih di bawah umur. Sehingga tak dapat dijerat pidana umum atau menggunakan pasal pencurian KUHP.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com