detikNews
2019/09/22 08:36:24 WIB

Geliat Kelompok Tani Hutan di Ponorogo Menyadap Getah Pinus

Charolin Pebrianti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Geliat Kelompok Tani Hutan di Ponorogo Menyadap Getah Pinus Masyarakat menyadap getah pinus/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Sebuah Kelompok Tani Hutan (KTH) di Ponorogo tengah bergeliat memanfaatkan hutan pinus dengan diambil getahnya. Bukan mengambil kayunya.

Suasana asri dan sejuk masih terasa di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun. Rimbunnya lahan pinus membuat hawa segar khas pegunungan masih terjaga hingga saat ini.

Tampak beberapa warga sibuk menyadap getah pinus. Mereka membawa celurit dan wadah penampung getah. Meski peluh membanjiri dahi, dengan cekatan mereka mengambil getah pinus.


Siapa sangka, keuletan mereka menyadap getah pinus bisa menghantarkan Kelompok Tani Hutan (KTH) Agra Lestari Desa Selur meraih juara 2 tingkat Nasional yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kategori KTH.

"Kegiatan sadap pinus ini baru kami lakukan 3 tahun terakhir," tutur Ketua KTH Agra Lestari, Mulyono kepada detikcom, Minggu (22/9/2019).

Menurutnya, KTH tersebut terdiri dari berbagai kelompok kecil. Mulai dari ibu-ibu petani sampai peternak yang saling bersinergi untuk menjaga hutan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Desa Selur.

"Terutama perubahan pemikiran yang awalnya hutan rakyat hanya dimanfaatkan untuk mengambil kayu pinus saja, bisa diambil getahnya," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com