detikNews
2019/09/21 20:09:06 WIB

Ini Kecanggihan Ratusan CCTV yang akan Dipasang di Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ini Kecanggihan Ratusan CCTV yang akan Dipasang di Surabaya Wali Kota Risma/Foto file: Amir Baihaqi
Surabaya - CCTV berbasis face recognition yang akan dipasang di Surabaya diklaim mengusung teknologi paling mutakhir. Lalu secanggih apa kamera itu?

"Ini kameranya sudah infrared. Kameranya paling canggih. Jadi, bisa nembus kaca gelap atau di kegelapan. Ini paling bagus," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada detikcom di rumah dinasnya Jalan Sedap Malam, Sabtu (21/9/2019).

Selain bisa menembus kaca gelap dan menangkap wajah, keistimewaan lainnya yaitu soal software yang digunakan. Yang ternyata merupakan buatan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.


"Ini kita tidak membeli tapi membuat sendiri software-nya. Jadi luar biasa anak-anak ini ya mereka dibantu dosen-dosennya juga. Dari ITS," tutur Risma.

Software tersebut, terang Risma, akan menghubungkan koneksi dengan data kependudukan yang berfungsi menganalisis identitas setiap wajah orang yang tertangkap kamera.

"Nah, kita pas nangkap (wajah) kita nggak tahu itu siapa. Tapi karena sudah konek dengan data kependudukan akan diketahui semua identitasnya," terang Risma.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com