Longsor di Bantaran Sungai Bengawan Solo, 7 Rumah Warga Rusak

Longsor di Bantaran Sungai Bengawan Solo, 7 Rumah Warga Rusak

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 21 Sep 2019 18:23 WIB
Longsor di bantaran Sungai Bengawan Solo/Foto: Eko Sudjarwo
Longsor di bantaran Sungai Bengawan Solo/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Longsor terjadi di permukiman padat penduduk bantaran Sungai Bengawan Solo, Lamongan. Satu tempat ibadah dan 7 rumah warga mengalami kerusakan.

Longsor tepatnya terjadi di Dusun Gendong, Desa/Kecamatan Laren. Menurut Kepala Dusun, Muntholib (48), longsor mulai terjadi sejak 14 September lalu dan kini semakin meluas.

Semula, kata Muntholib, hanya sekitar 500 meter tapi kini meluas menjadi 600 meter dengan kedalaman mencapai 10 meter. "Tidak ada rumah warga yang ikut hanyut, hanya mengalami kerusakan saja," kata Muntholib pada wartawan, Sabtu (21/9/2019).


Warga, lanjut Muntholib, terpaksa membongkar rumah mereka yang sudah puluhan tahun dihuni. Pembongkaran dilakukan agar rumah mereka tidak ikut hanyut bersama material tanah saat terjadinya longsor susulan.

"Agar tidak hanyut, warga berinisiatif membongkar dan mengevakuasi barang-barang rumah tangga ke tempat yang lebih aman. Sementara sisa-sisa bekas bangunan rumah dimanfaatkan untuk membuat rumah semi permanen yang jauh dari lokasi longsor," terang Muntholib.

Muntholib menambahkan, Warga yang tidak memiliki tempat tinggal terpaksa menumpang di rumah sanak saudara mereka masing-masing untuk sementara waktu. Namun ada juga yang masih bertahan.
Selanjutnya
Halaman
1 2