detikNews
2019/09/21 13:50:19 WIB

World Cleanup Day di Pacitan, Bersih-bersih Kali dan Pelepasan Tukik

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Halaman 1 dari 2
World Cleanup Day di Pacitan, Bersih-bersih Kali dan Pelepasan Tukik Pelepasan tukik di Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan - Ratusan orang turun ke Sungai Grindulu pagi tadi. Warga bersama pegiat lingkungan dan siswa sekolah serentak menggelar aksi bersih-bersih sampah. Kegiatan ini bagian dari World Cleanup Day.

Mereka berangkat bersama dari halaman Balai Desa Arjosari, Jalan Raya Pacitan-Ponorogo. Titik yang mereka tuju yakni Daerah Aliran Sungai Grindulu, tepatnya di bawah jembatan Arjosari. Jaraknya sekitar 200 meter dari balai desa.

Seperti pantauan detikcom, kawasan sekitar kolong jembatan dipenuhi tumpukan sampah. Sebagian besar merupakan sampah plastik. Ada pula sampah rumah tangga. Seperti kain, sisa makanan, maupun kertas dan dedaunan.


Aksi bersih-bersih dimulai persis di bawah jembatan. Tak sekadar memungut, para relawan tersebut juga wajib memilah sampah organik dan anorganik. Jenis sampah kedua menjadi prioritas untuk dibersihkan.

"Melihat banyaknya sampah di sini dan bayangin dia akan kebawa ke laut. Di laut ada ikannya, kita konsumsi dari situ. Gemes," ucap Anita Bidaryati, aktivis lingkungan kepada detikcom di lokasi, Sabtu (21/9/2019).

Penanganan sampah di wilayah Arjosari dan sekitarnya, lanjut Anita, membutuhkan perhatian serius. Pasalnya, hingga saat ini belum ada fasilitas pengelolaan sampah. Masyarakat pun kerap membuang sampah lantaran tak punya pilihan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com