detikNews
2019/09/21 08:34:17 WIB

Ratusan Warga Tulungagung Menderita Katarak

Adhar Muttaqin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ratusan Warga Tulungagung Menderita Katarak Pemeriksaan warga yang menderita katarak/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Dinas Kesehatan Tulungagung menemukan lebih dari 500 warga yang menderita katarak. Jumlah penderita terus bertambah seiring meningkatnya jumlah penduduk.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Tulungagung, Ana Sapti Saripah mengatakan, prevalensi katarak rata-rata sekitar 0,7 dari jumlah penduduk. Sedangkan dari penyisiran yang dilakukan tim dinas kesehatan dalam setiap tahun, rata-rata ditemukan 500 penderita.

"Untuk memperoleh data katarak ini memang tidak mudah, kami melalukan screening mulai tingkat bawah, melalui posyandu anak hingga lansia, serta UKS," kata Ana seperti dikomfirmasi detikcom, Sabtu (21/9/2019).


Menurut Ana, jumlah penderita katarak di Tulungagung setiap tahun selalu bertambah. Yakni seiring dengan laju pertumbuhan penduduk serta berbagai faktor lain. Beberapa faktor yang menyebabkan katarak di antaranya adanya infeksi, trauma akibat pukulan atau benturan, serta tingkat perilaku hidup bersih dari masing-masing individu.

"Perilaku yang kurang tepat misalnya sering kucek-kucek mata dengan tangan yang kotor. Kalau trauma misalkan pernah terkena benturan sehingga berpotensi mengalami gangguan penglihatan," terangnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com