detikNews
Jumat 20 September 2019, 18:06 WIB

Tolong, Siswi SMP Mojokerto Butuh Bantuan Karena Sakit Kanker Tulang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Tolong, Siswi SMP Mojokerto Butuh Bantuan Karena Sakit Kanker Tulang Lutut Siswi SMP di Mojokerto Sebesar Bola/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Kanker tulang yang menyerang tubuh Silfi Qumairoh (14) membuat lutut kaki kanannya membengkak sebesar bola sepak. Gadis kelas 2 SMP ini tidak bisa sekolah selama 5 bulan lalu.

Silfi merupakan anak sulung dari dua bersaudara pasangan Faizun Laili Agustin (32) dan Mohammad Gozali (37). Keluarga kecil ini tinggal di rumah sederhana di Dusun/Desa Kedungmaling, RT 10 RW 4, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Saat ditemui detikcom, Silfi sedang tidur di ruang tamu rumahnya. Ranjang di ruang tamu ini menjadi tempat tidur Silfi bersama ayah, ibu dan adiknya yang kini berusia 10 tahun. Ruang tidur di bagian belakang rumah jarang ditempati karena konon angker. Betapa tidak, rumah keluarga Silfi seluas 8 x 5 meter persegi berada di kebun bambu yang berdekatan dengan sungai.

"Kata dokter, Silfi kena kanker tulang," kata Laili saat berbincang dengan detikcom di rumahnya, Jumat (20/9/2019).

Kanker tulang membuat lutut kanan Silfi membengkak hingga sebesar bola sepak. Tubuhnya sangat kurus hingga nyaris tinggal tulang dan kulitnya saja. Menurut Laili, berat badan Silfi saat ini hanya 35 Kg. Tentu saja bobot itu jauh dari ukuran normal remaja berusia 14 tahun, yaitu 50 Kg.


Tidak hanya itu, rambut di kepalanya juga hampir habis karena efek kemoterapi yang sedang dijalani. Silfi juga mengeluh sakit pada punggung bagian bawah saat duduk. Sehingga untuk makan dan minum, dia harus dibantu oleh ibu dan bibinya. Dia selalu memakai pampers karena tidak kuat untuk ke kamar mandi.

"Benjolan di lututnya katanya sakit kalau dipegang. Kadang-kadang kalau cairannya keluar, dia kesakitan saat saya membersihkannya," ujar Laili.

Meski hanya mengandalkan penghasilan suaminya sebagai tukang bangunan yang rata-rata Rp 400-500 ribu/minggu, Laili enggan berpangku tangan untuk pengobatan Silfi. Siswi kelas 2 SMP swasta di Kedungmaling, Kecamatan Sooko, itu telah 3 kali menjalani kemoterapi di RSU Dr Soetomo, Surabaya.

Terapi terakhir dijalani 30 Agustus-10 September 2019. Menurut Laili, operasi terhadap kanker tulang yang diderita putrinya menunggu pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Biaya pengobatannya selama ini hanya mengandalkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bantuan dari pemerintah. Karena sejauh ini Pemkab Mojokerto belum pernah turun melihat kondisi Silfi.

"Kemarin dia difoto MRI tidak kuat tubuhnya. Sehingga pemeriksaan MRI kembali menunggu kabar dari RSU Dr Soetomo. Semoga setelah itu bisa dilaksanakan operasi," terangnya sembari menunjukkan foto Silfi sebelum terjangkit kanker tulang.


Laili menuturkan, gejala kanker tulang pada putrinya mulai tampak sejak Desember 2018. Saat itu Silfi masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Semula dia terjatuh saat beraktivitas di sekolahnya. Meski tidak ada luka lecet, gadis berusia 14 tahun ini merasakan sakit berkepanjangan pada lutut kanannya.

Karena ketidaktahuannya, Laili dan suaminya sempat 2 kali membawa Silfi ke tukang pijat. Namun terapi pijat tidak meredakan sakit tersebut. Sehingga Silfi dibawa berobat ke Puskesmas Sooko. Dia baru dirujuk ke RSI Sakinah setelah 3 kali datang ke puskesmas yang sama. Pengobatan di rumah sakit ini pun tidak membuahkan hasil. Bahkan benjolan pada lutut kanan Silfi mulai terlihat.

"Saya bawa ke dokter spesialis penyakit dalam. Barulah dokter itu meminta saya membawa Silfi ke RSU Dr Soetomo di Surabaya. Oleh dokter di sana, dia dinyatakan kena kanker tulang," ungkapnya.

Sambil menahan air mata, Laili mengharapkan kesembuhan bagi Silfi. Dia juga menantikan uluran tangan dari para dermawan agar putrinya mendapatkan pengobatan yang maksimal. Terlebih lagi, kanker tulang membuat Silfi tidak bisa lagi sekolah dan bermain seperti remaja lain yang seusianya.

"Harapan saya Silfi segera diberi kesembuhan," tandasnya.


Simak juga video "Putri Luis Enrique Meninggal Dunia karena Kanker Tulang":

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com