detikNews
2019/09/19 19:29:13 WIB

Kasus Investasi Bodong Rp 21,5 M, Begini Alur Aliran Dananya

Enggran Eko Budianto - detikNews
Halaman 1 dari 3
Kasus Investasi Bodong Rp 21,5 M, Begini Alur Aliran Dananya Ketua Divisi Sosial PT RHS Cabang Mojokerto Sumargi (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto - Jumlah investor yang menanamkan modalnya ke PT RHS Group melalui cabangnya di Mojokerto mencapai 565 orang. Total dana yang masuk ke perusahaan ini Rp 21,5 miliar. Dana tersebut sampai saat ini tak kunjung kembali.

Ketua Divisi Sosial PT RHS Cabang Mojokerto Sumargi mengatakan semula investor datang bersama penyalur, yang disebut koordinator wilayah (korwil), ke kantor PT RHS cabang Mojokerto, yang saat itu di Jalan Raya Ijen, Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Selain membawa uang untuk investasi, pemodal diminta menyerahkan fotokopi KK, KTP, dan buku rekening bank. Setelah menyerahkan uang ke bagian administrasi di PT RHS Cabang Mojokerto, selanjutnya investor dibuatkan berita acara perjanjian kerja sama. Berita acara tersebut ditandatangani Kepala Cabang PT RHS Mojokerto Dwi Sanyoto, investor, admin, dan korwil.


"Korwil yang membawa investor mendapat fee 5 persen dari nilai investasi yang dibawa. Fee dikirim via transfer bank," kata Sumargi saat dihubungi detikcom, Kamis (19/9/2019).

Oleh Kepala Cabang PT RHS Mojokerto, lanjut Sumargi, dana dari para investor disetorkan ke rekening PT RHS Group. "Ke rekening atas nama M Ainur Rofiq selaku Direktur Utama PT RHS Group. Semua investor sama," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com