detikNews
2019/09/18 20:11:19 WIB

Kasus Investasi Bodong, Dana Nyangkut Rp 21,5 M Hanya Dijaminkan Waterpark

Enggran Eko Budianto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kasus Investasi Bodong, Dana Nyangkut Rp 21,5 M Hanya Dijaminkan Waterpark Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Mojokerto - Jumlah investor yang dananya masih tersangkut di PT RHS Group ternyata mencapai 565 orang. Total nilai investasi mereka mencapai Rp 21,5 miliar tak juga kembali. Ratusan penanam modal itu hanya diberi sebuah aset berupa waterpark di Blitar.

Data itu disebutkan Ketua Divisi Sosial PT RHS Cabang Mojokerto Sumargi. Menurut Sumargi, jumlah investor yang menanamkan modalnya ke PT RHS Group lebih dari 109 orang. Total dana mereka juga lebih dari Rp 7 miliar.

"Totalnya Rp 21,5 miliar, jumlah penabungnya 565 orang. Semuanya belum kembali. Ini hanya di Kancab Mojokerto (investor yang menanamkan modalnya ke PT RHS Group melalui cabang PT RHS di Mojokerto)," kata Sumargi kepada wartawan di salah satu rumah makan di Jalan Jayanegara, Mojokerto, Rabu (18/9/2019).

Sumargi mengatakan bagi hasil 5 persen dari nilai investasi yang dijanjikan Direktur Utama PT RHS Group M Ainur Rofiq sempat berjalan beberapa bulan. Sebagai salah satu investor, dia mengaku tanggal 10 setiap bulannya menerima bagi hasil tersebut melalui transfer bank.


Bagi hasil akhirnya terhenti sejak April 2018. Bangkrutnya toko-toko bahan bangunan yang dikelola PT RHS Group menjadi alasannya. Menurut Sumargi, terdapat delapan toko bahan bangunan yang berada di Kediri dan Blitar. Kedelapan toko itu menjadi bisnis untuk memutar uang para investor.

"Namanya bisnis pasti ada guncangan. Satu per satu toko kami tutup. April 2018 bagi hasil sudah mulai ngadat. Jemaah mulai resah karena tidak ada bagi hasil," ujarnya.

Karena kondisi bisnis PT RHS Group kolaps, menurut Sumargi, Ainur Rofiq pun menyatakan diri tidak lagi mampu memberi bagi hasil kepada para investor. Pria asal Blitar itu lantas menyerahkan aset miliknya berupa waterpark di Kecamatan Nglegok, Blitar, pada 5 September 2018.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com