detikNews
Selasa 17 September 2019, 11:29 WIB

Ribuan Warga Iringi Pemakaman Fuad Amin Eks Bupati Bangkalan

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Ribuan Warga Iringi Pemakaman Fuad Amin Eks Bupati Bangkalan Ribuan warga mengiringi pemakaman Fuad Amin (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Bangkalan - Ribuan warga mengiringi pemakaman jenazah eks Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron atau Ra Fuad. Jenazah dibawa dari rumah duka di Jalan Agung Soeprapto, Kampung Saksak, Kelurahan Kraton, Kecamatan Kota Bangkalan, Madura, menuju Masjid Agung Bangkalan untuk disalati.

Jenazah Fuad Amin tiba di rumah duka sekitar pukul 19.44 WIB Senin (16/9/2019) malam. Sebelumnya, Fuad Amin mendapat perawatan selama tiga hari di Graha Amerta RSU dr Soetomo dan meninggal pada pukul 16.02 WIB.

Warga berjubel dan bergantian menyalati Fuad Amin. Jenazah diberangkatkan dari rumah menuju pesarean Syaichona Kholil, yang berada di Desa Martajasa, Kecamatan Kota Bangkalan. Sebelumnya, Gubernur Khofifah kepada wartawan menyebut Fuad Amin dimakamkan di pemakaman keluarga.


Jenazah Fuad Amin dibawa ribuan warga secara bergantian dengan berjalan kaki berjarak 3,5 kilometer. Bukan hanya warga, kiai dan pegawai berseragam Korpri juga turut hadir.

Jenazah Fuad Amin disalati/Jenazah Fuad Amin disalati/ Foto: Deny Prastyo Utomo

"Tolong, para pentakziah jangan menutupi jalan, untuk sementara disterilkan dulu di area pemakaman," kata salah satu petugas, melalui pengeras suara di masjid, Selasa (17/9/2019).

Salah satu warga bernama Romli mengaku menanti kedatangan jenazah Fuad Amin yang akan dimakamkan.


"Saya menunggu sejak pukul 09.00 WIB tadi. Maunya ikut salat di Masjid Agung, karena ramai, jadi ya langsung ke sini," ujar Romli.

Dari pantauan detikcom, sepanjang jalan yang dilalui jenazah Fuad Amin dijubeli warga. Tampak warga membuat barikade agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Eks Bupati Bangkalan Embuskan Nafas Terakhir:

[Gambas:Video 20detik]




(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com