detikNews
Kamis 12 September 2019, 18:30 WIB

Polisi Pacitan Serahkan Tandon Bantu Warga Atasi Krisis Air Bersih

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Polisi Pacitan Serahkan Tandon Bantu Warga Atasi Krisis Air Bersih Kapolres Pacitan bertemu dengan warga (Foto: Purwoto Sumodiharjo)
Pacitan - Sejumlah wilayah di Pacitan mengalami krisis air bersih saat kemarau panjang. Seperti yang dirasakan warga Dusun Bedayu, Desa Bolosingo. Repotnya, untuk menampung kiriman air bersih pun mereka tak memiliki tempat.

Kondisi tersebut menyita perhatian banyak pihak. Satu di antaranya Polres Pacitan. Untuk meringankan beban warga, polisi memberikan bantuan tandon air. Tabung fiber berkapasitas 5.000 liter itu merupakan sumbangan dari Satuan Lalu lintas.

"Karena warga di desa ini memang terkendala terkait tandon air bersih. Oleh karena itu, dalam rangka HUT Polantas ke-64, kita berikan bantuan tandon air. Semoga dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat," ucap Kapolres Pacitan AKBP Sugandi seusai penyerahan, Kamis (12/9/2019).

Kapolres mengatakan keberadaan sarana penampungan diharapkan berdampak pada efisiensi pemanfaatan air. Artinya, air yang didistribusikan tidak semuanya habis terbagi. Sisa pembagian dapat ditampung di torn.


"Sehingga dapat difungsikan sebagai cadangan dan dapat dikonsumsi saat stok air di rumah tangga habis," imbuhnya.

Dia mengatakan, berdasarkan laporan selama ini, cukup banyak wilayah lain yang kondisinya mirip Dusun Bedayu. Titiknya tersebar di sejumlah desa dan kecamatan. Karena itu, lanjut dia, kegiatan bakti sosial semacam ini akan menjadi agenda rutin. Hal ini sekaligus wujud kemitraan polisi-masyarakat.

Selain pembangunan penampungan air permanen, polisi juga terus melakukan pendistribusian air bersih. Sasarannya adalah kantong-kantong kekeringan. Lokasinya tersebar di 12 kecamatan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com