detikNews
Kamis 12 September 2019, 11:25 WIB

Bunga Segar di Makam Ainun Bukti Besarnya Cinta BJ Habibie

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Bunga Segar di Makam Ainun Bukti Besarnya Cinta BJ Habibie Gubernur Khofifah/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Manisnya kisah cinta Presiden ke 3 BJ Habibie dengan istrinya, Ainun memang menyedot perhatian publik. Habibie dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai istrinya hingga akhir hayat.

Salah satu kisah cintanya, diceritakan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Saat menjabat sebagai Menteri Sosial, Khofifah mengaku sering mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Setiap ke sana, Khofifah selalu menemui bunga segar di makam Ainun.

"Saya kebetulan pernah mendapat mandat di Kementerian Sosial, saya termasuk rajin ke Taman Makam Pahlawan utama Kalibata. Karena TMP Kalibata itu dalam koordinasi Kementerian Sosial," kata Khofifah saat membuka kisahnya di Surabaya, Kamis (12/9/2019).

Khofifah juga bercerita, sepeninggal Ainun, Habibie tak pernah absen mengunjungi makam istrinya setiap malam hingga 40 hari wafatnya.


"Pak Habibie semua orang mengenal begitu cintanya kepada seorang ibu Ainun Habibie. Saya mendapat informasi bahwa dari hari pertama sampai hari ke 40 wafatnya Bu Ainun, setiap malam Pak Habibie ada di makamnya Bu Ainun Habibie," imbuh Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga kerap melewati blok tempat dimakamkan para wakil presiden hingga istri presiden. Saat melewati makam Ainun, Khofifah selalu melihat ada bunga segar di atas makam. Diketahui, bunga tersebut memang dari Habibie yang saban hari mengunjungi Ainun.

"Setiap saya ke TMP biasanya saya menyempatkan, karena itu titik dimana para wakil presiden dimakamkan, istri presiden dimakamkan. Di satu blok, saya selalu melihat ada buket bunga yang selalu fresh di taman makannya Ibu Ainun Habibie," kenang Khofifah.

"Dan di sebelahnya semua orang tahu bahwa Pak Habibie minta disiapkan ruang di sebelahnya Bu Ainun ketika beliau dipanggil," imbuhnya.


Dari kisah ini, Khofifah berharap masyarakat bisa menjadikan kisah cinta Habibie dan Ainun menjadi teladan dalam menjalani hidup berumah tangga. Menurutnya, rumah tangga yang baik, berbanding lurus dalam tumbuhnya ketahanan nasional.

"Bahwa Pak Habibie memberikan cinta yang luar biasa kepada seorang istri tercintanya dan saya rasa kita semua hari ini membutuhkan referensi keteladanan kehidupan kerumahtanggaan seperti yang diberikan seorang Profesor BJ Habibie. Ketahanan keluarga menjadi bagian penting bisa menjadi basis tumbuhnya ketahanan nasional dan itu telah dicontohkan oleh seorang BJ Habibie," pungkasnya.


Simak Video "Menengok Ruang Kerja BJ Habibie di PT Dirgantara Indonesia"

[Gambas:Video 20detik]

Bunga Segar di Makam Ainun Bukti Besarnya Cinta BJ Habibie

(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com