detikNews
Rabu 11 September 2019, 23:07 WIB

Bobol Bank BUMN Rp 10 Miliar, Debitur Palsu Dijebloskan Tahanan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Bobol Bank BUMN Rp 10 Miliar, Debitur Palsu Dijebloskan Tahanan Tersangka berinisial Yoam (rompi merah muda)/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Penyidik Pidsus Kejari Surabaya mengamankan satu tersangka kredit fiktif di sebuah bank milik negara yang ada di Surabaya. Akibat ulah tersangka, negara dirugikan hingga Rp 10 miliar.

"Kejari Surabaya kembali menetapkan satu tersangka dalam perkara tindak pidana korupsi kredit fiktif kepada salah satu bank di Surabaya (BUMN). Tersangka yang baru berinisial Yoam selaku debitur palsu," kata Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya Anton Delianto kepada wartawan di kantornya, Jalan Sukomanunggal, Rabu (11/9/2019) malam.

Anton menjelaskan, dalam penetapan tersangka penyidik menemukan beberapa alat bukti. Yakni bukti transfer, dokumen dan KTP.


Ada perbedaan data di KTP tersangka dengan pemohon aslinya. Debitur palsu mengubah foto pemohon yang asli dengan foto dirinya saat mengajukan kredit. Ia bekerja sama dengan oknum pegawai Bank BUMN dalam Pengajuan Kredit Modal Kerja (KMK)

"Bahwa foto yang ada di dalam KTP sudah diganti oleh tersangka. Selain itu tersangka berinisial YOAM ini telah menikmati uang pencairan dana KMK sebesar Rp 100 juta," terang Anton.


Usai ditetapkan sebagai tersangka, pria yang tinggal di Jalan Bronggalan Sawah Surabaya ini langsung ditahan di Rutan Klas I Surabaya di Kejati Jatim. "Tersangka kami tahan selama 20 hari ke depan untuk mempermudah proses penyidikan," imbuh Anton.

Atas kejahatan yang dilakukan, tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 ayat (1) jo. Pasal 18 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi. Sebagaimana diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP turut serta melakukan kejahatan Tindak Pidana Korupsi.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com