detikNews
Rabu 11 September 2019, 18:15 WIB

Satu Terdakwa Pembakar Polsek Tambelangan Ajukan Penangguhan Penahanan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Satu Terdakwa Pembakar Polsek Tambelangan Ajukan Penangguhan Penahanan Kuasa hukum tersangka pembakar Polsek Tambelangan, Andre Ermawan (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Satu dari tiga terdakwa kasus pembakaran Polsek Tambelangan, Sampang, Madura mengajukan penangguhan penahanan. Alasannya, terdakwa Hadi Mustofa (20) masih aktif sebagai seorang pelajar.

Hadi saat ini masih aktif menjadi pelajar di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sampang, Madura. Melalui kuasa hukumnya Andre Ermawan, Hadi mengajukan penangguhan penahanan kepada Ketua Majelis Hakim Eddy Soeprayitno saat sidang.

"Yang Mulia Majelis hakim kami mengajukan penangguhan penahanan untuk terdakwa Hadi. Penangguhan penahanan kami ajukan agar Hadi tetap bisa sekolah," kata Andre kepada Ketua Majelis Hakim Edi Soeprayitno sembari memberikan surat penangguhan di ruang Candra, PN Surabaya, Rabu (11/9/2019).


"Orang tua terdakwa juga siap menjaminkan dirinya. Ini agar anaknya bisa kembali sekolah. Selain itu ada juga keterangan dari Kepala Sekolah terdakwa bahwa terdakwa juga masih berstatus pelajar," lanjut Andre.

Usai persidangan, Andre mengungkapkan jika penangguhan penahanan terhadap klien tersebut belum diputuskan atau ditolak oleh majelis hakim. Andre menyebutkan jika saat ini kliennya masih duduk di kelas III SMA di Sampang, Madura.

"Kita ajukan penangguhan penahanan karena dia pelajar. Tapi belum disikapi oleh majelis hakim. Jadi kami berharap majelis hakim menerima penangguhan penahanan, karena ini haknya dia. Kecuali dia bukan pelajar, tapi dia pelajar. Dia berhak menuntut ilmu," tandas Andre.


Sementara itu, JPU Achmad Junaidi saat dikonfirmasi membenarkan jika Hadi mengajukan penangguhan penahanan. Penangguhan penahanan yang diajukan karena status Hadi Mustofa masih pelajar.

" Iya, tapi itu (penangguhan penahanan) kewenangan hakim. Apalagi dia sekolah," kata Junaidi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com