detikNews
Rabu 11 September 2019, 15:39 WIB

Atasi Kemacetan, Pemkot Surabaya Kembangkan Transportasi Sungai

Amir Baihaqi - detikNews
Atasi Kemacetan, Pemkot Surabaya Kembangkan Transportasi Sungai Ilustrasi transportasi air di Surabaya (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Pemkot Surabaya terus berupaya memecahkan masalah kemacetan di Kota Pahlawan. Kali ini, pemkot berencana mengembangkan angkutan alternatif transportasi sungai.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan saat ini pihaknya telah merampungkan kajian bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terkait rencana angkutan transportasi sungai.

"Ya, tahun ini selesai kajian bersama kemitraan ITS. Tahun berikutnya penyiapan masterplan alur sungai, peraturan daerah (perda), SDM, insfrastruktur dan lain-lain," kata Irvan kepada detikcom, (11/9/2019).


Menurut Irvan, ada 4 sungai yang akan dikembangkan dalam perencanaan angkutan transportasi sungai. Empat sungai itu adalah sungai Kalimas, Kalijagir, Greges, dan Branjangan.

"Kali yg potensi utk dikembangkan utk transportasi sungai ada 4. Untuk rute tersebar pada daerah aliran sungai Branjangan-Romokalisari. Sungai-sungai di atas rata rata mempunyai kedalaman hingga 6 meter dan mempunyai lebar sekitar 20-30 meter," jelas Irvan.


Irvan melanjutkan, jika semua hasil kajian dan persiapan sudah disepakati, maka transportasi sungai akan terealisasi secepatnya secara bertahap dalam 2 tahun ke depan.

"Kalau sudah disepakati bisa dilakukan bertahap dalam 2 tahun ke depan," pungkas Irvan.




Tonton juga video Meski Mendapat Penolakan, Pemkot Surabaya Bongkar Tembok yang Blokir Jalan Raya:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com